Faktor Penyebab Terjadinya Anyang-Anyangan - Penyakit Ingin Selalu Pipis

Ketika kandung kemih manusia yang menampung air kencing penuh, maka seseorang akan merasakan ingin buang air kecil alias pipis.  Dengan begitu seseorang bisa segera pergi ke toilet, wc, kamar mandi, kakus, jamban, semak-semak dan lain sebagainya untuk melaksanakan hajatnya tersebut.  Jika tidak ada rasa ingin kencing, maka bisa saja air seni seseorang keluar begitu saja sehingga membasahi pakaian yang sedang dikenakannya.

Dalam kondisi tertentu seseorang terlalu sering berada dalam kondisi ingin buang air kecil walaupun air kencing yang berada di dalam tubuh masih sangat sedikit.  Itulah yang disebut dengan anyang-anyangan.  Anyang-anyangan rasanya sangat tidak menyenangkan karena membuat seseorang harus sering pergi ke kamar kecil untuk buang air kecil yang tidak seberapa banyaknya.  Tentu amat sangat menyiksa apabila merasa ingin buang air kecil namun air kencingnya tidak keluar atau hanya keluar sedikit.

Dua Faktor Pemicu / Penyebab Anyang-Anyangan / Selalu Merasa Ingin Buang Air Kecil :

1. Kandung Kemih yang Terlalu Aktif

Pada saat kandung kemih mengalami gangguan karena terlalu aktif atau yang disebut juga dengan "overactive bladder" maka seseorang akan merasakan suatu dorongan untuk buang air kecil.  Asal dari terlalu aktifnya kandung kemih disebabkan oleh kontraksi otot kandung kemih yang di luar batas kewajaran.  Kandung kemih yang aktif secara berlebihan dapat menyebabkan kebocoran urin yang disebut dengan istilah "inkontinensia".

2. Infeksi Saluran Kemih (ISK)

Infeksi saluran kemih disebabkan oleh infeksi bakteri atau radang pada saluran kemih.  Biasanya infeksi saluran kemih menyebabkan rasa sakit saat buang air kecil.  Pada umumnya kaum wanita lebih mudah terkena infeksi saluran kemih karena uretra wanita lebih pendek daripada uretra laki-laki sehingga lebih mudah dijadikan tempat hidup bagi bakteri penyebab infeksi saluran kemih (ISK).  Terlebih lagi pada perempuan yang sedang hamil atau menopause memiliki resiko terkena penyakit infeksi saluran kemih yang lebih besar daripada perempuan yang lain.

Itulah beberapa hal yang bisa menyebabkan anyang-anyangan pada manusia.  Jika anyang-anyangan terjadi begitu lama dan mengganggu kehidupan anda di luar batas normal maka sebaiknya segera hubungi dokter kesayangan anda untuk mendapatkan pertolongan medis lebih lanjut.  Kurang lebihnya mohon maaf, terima kasih atas perhatian anda.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Faktor Penyebab Terjadinya Anyang-Anyangan - Penyakit Ingin Selalu Pipis"

Poskan Komentar