Makanan yang Mengandung Lemak Trans yang Berbahaya Bagi Manusia

Lemak trans adalah lemak yang berbahaya jika dikonsumsi oleh manusia terlalu banyak.  Lemak trans bisa menyebabkan berbagai penyakit serius yang bisa menyebabkan kematian pada manusia.  Faktanya adalah dalam kehidupan kita sehari-hari kita begitu akrab dengan lemak trans sehingga tanpa kita sadari bahwa ternyata kita sudah sering mengkonsumsi lemak trans yang terkandung di dalam makanan dan minuman yang kita konsumsi dalam kehidupan kita di dunia ini sejak lahir hingga saat ini.

Lemak trans harus kita waspadai sewaspada mungkin karena lemak tersebut memiliki sifat yang sangat jahat terhadap tubuh kita.  Jika kita sering mengkonsumsi lemak trans maka tubuh kita akan mengalami peningkatan kadar kolesterol jahat di dalam darah yang beredah di sistem peredaran darah kita.  Selain meningkatkan jumlah kolesterol jahat dalam tubuh, lemak trans juga dapat menyebabkan peradangan pada tubuh manusia serta menyebabkan jumlah kolesterol yang baik menjadi berkurang.  Jika tidak ditanggulangi sejak dini maka lemak trans bisa menyebabkan penyakit jantung dan berbagai penyakit lain yang tidak kalah menakutkan.

Contoh Beberapa Jenis Makanan yang Mengandung Lemak Trans Berbahaya :

1. Goreng-Gorengan / Makanan yang Digoreng

Makanan yang digoreng bisa mengandung lemak trans jika digoreng dengan minyak goreng yang sama yang telah digunakan untuk beberapa kali penggorengan makanan.  Oleh karena itu gunakanlah minyak goreng yang sehat dan dapat dipercaya kesehatannya dan tidak menggunakan minyak goreng yang sama untuk menggoreng makanan berkali-kali.  Jika perlu gunakan minyak goreng untuk sekali pakai saja agar sehat dan higienis.  Tentu saja jika bisa hindari goreng-gorengan terutama makanan yang butuh waktu penggorengan yang lama.

2. Makanan yang Berasal dari Daging Sapi

Secara alamiah daging sapi sudah memiliki kandungan lemak trans di dalamnya.  Oleh karena itu alangkah baiknya jika kita membatasi konsumsi daging sapi kita dengan menggantinya dengan daging hewan / binatang segar lain yang lebih aman serta bebas dari lemak trans alami.

3. Makanan Panggang Beku

Agar suatu makanan bisa awet tahan lama maka salah satu teknik pengawetan makanan adalah dengan cara membekukan makanan yang telah matang dipanggang terlebih dahulu.  Namun masalahnya adalah teknik pembekuan makanan panggang tersebut ternyata memunculkan lemak trans yang tidak baik bagi kesehatan manusia.  Jika anda gemar menyantap makanan semacam ini maka hendaknya anda pastikan bahwa makanan tersebut bebas lemak trans atau hanya sedikit mengandung lemak trans.

4. Makanan yang Mengandung Mentega dan Margarin

Lemak trans secara umum telah ada di dalam mentega dan margarin.  Saat ini ada banyak sekali makanan yang dibuat dari bahan mentega atau margarin.  Namun ada juga mentega yang tidak mengandung lemak trans sehingga relatif lebih aman dikonsumsi.  Namun jika dipakai untuk menggoreng makanan berkali-kali seperti layaknya minyak goreng maka mungkin saja bisa muncul lemak trans yang membahayakan kesehatan tubuh manusia tersebut.

5. Makanan atau Minuman Lainnya

Dalam kehidupan kita sehari-hari terdapat banyak makanan jadi siap santap yang mengandung lemak trans.  Selain makanan juga ada minuman yang mengandung lemak trans.  Beberapa makanan mengandung lemak trans di antaranya adalah seperti biskuit, es krim, pop corn dalam kemasan, dan lain sebagainya.  Demi kebaikan kita bersama maka sebaiknya kita jangan asal makan makanan dan minum minuman sembarangan.  Pastikan dulu keamanannya bagi diri kita dan orang lain yang turut menyantapnya.  Jangan sampai kita menyesal di kemudian hari setelah semuanya terlambat.

Itulah beberapa contoh makanan yang mengandung lemak trans.  Mari kita selalu waspada untuk menjaga diri kita dan orang-orang yang kita cintai dari ancaman bahaya makanan yang mengandung zat-zat berbahaya.  Jika sulit untuk mendapatkan makanan minuman sehat, maka buatlah sendiri makanan minuman sehat dan halal sesuai kemampuan kita sendiri.  Yang pasti adalah mencegah lebih baik daripada mengobati.  Mari kita terapkan pola makan sehat dalam kehidupan kita sehari-hari di dunia yang fana ini.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Makanan yang Mengandung Lemak Trans yang Berbahaya Bagi Manusia"

Poskan Komentar