Fungsi / Kegunaan / Manfaat Laptop Lama, Jadul dan Kuno

Punya laptop lama atau notebook lama memang rasanya serba salah.  Terutama jika kita sudah mempunyai laptop baru yang jauh lebih canggih dan modern.  Disimpan hanya memenuhi gudang, diberikan ke orang lain sayang, dijual malas karena harganya jatuh, dan lain-lain.  Walaupun kelihatannya tidak berguna lagi, namun ternyata laptop lama pun masih bisa kita berdayakan untuk hal-hal tertentu seperti yang akan kita bahas di bawah ini.

Berbagai Kegunaan, Manfaat, Fungsi Laptop / Notebook Lama yang Sudah Jadul / Kuno :

1. Laptop Cadangan

Laptop lama bisa kita simpan di rumah maupun di kantor atau tempat beraktivitas sehari-hari.  Ketika laptop yang biasa digunakan mengalami masalah, rusak atau hilang, maka kita bisa menggunakan kembali laptop yang lama untuk sementara waktu.

2. Penyimpan Data

Notebook, netbook, atau laptop jadul yang telah dianggap kuno bisa disulap menjadi media penyimpanan data file berukuran jumbo.  Kita bisa menyimpan file-file penting kita sebagai data cadangan maupun menyimpan dokumentasi pribadi kita seperti foto-foto, video-video, rekaman-rekaman suara, dan lain sebagainya.

3. Pemutar Multimedia

Tidak ada smartphone atau handphone yang modern, maka laptop lawas pun jadi.  Untuk sekedar memutar rekaman suara, video, jepretan foto, animasi, dan lain sebagainya laptop lama pun rata-rata masih bisa untuk melakukannya.

4. Lampu Darurat

Ketika terjadi listrik padam alias mati lampu maka suasana malam hari akan menjadi mencekam akibat penerangan yang amat sangat minimalis.  Dengan adanya laptop jadul, maka kegelapan bisa berubah menjadi agak sedikit terang ketika laptop dinyalakan.  Apabila dibawa ke mana-mana maka lampu darurat pun bisa berubah menjadi senter darurat.

5. Power Bank

Cukup dengan menancapkan kabel data ke laptop maka hape / hp kita pun bisa dicas untuk mengisi catu daya baterai yang ada pada handphone.  Hal ini sangat berguna ketika charger ponsel kita hilang entah ke mana.  Tinggal pinjam kabel data milik orang lain lalu tinggal colok ke hp dan laptop.  Tanpa menyambungkan kabel listrik laptop pun tidak mengapa selama batre laptop masih dalam kondisi yang prima dan memiliki simpanan daya listrik di dalamnya.

6. Dipinjamkan Pada Orang yang Membutuhkan

Dan yang terakhir yaitu ketika ada orang yang butuh laptop pinjaman kita bisa membantunya dengan laptop lama yang sedang tidak kita gunakan.  Namun jangan asal kasih pinjam sama, karena kita harus melihat dulu sikap perilaku peminjam.  Jangan sampai laptop kita malah rusak, hilang atau tidak dikembalikan oleh yang meminjam.

Jika anda punya ide-ide lain tambahan terkait dengan pemanfaatan laptop / notebook lama yang tidak dipakai silahkan memasukkan idenya lewat kolom komentar di bawah ini.  Kurang lebih mohon maaf.  Terima kasih.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Fungsi / Kegunaan / Manfaat Laptop Lama, Jadul dan Kuno"

Poskan Komentar