Fungsi / Manfaat Handphone Lama Jadul yang Tidak Terpakai

Perkembangan teknologi handphone atau ponsel yang sangat cepat menyebabkan banyak orang yang memiliki lebih dari satu handphone.  Ada orang yang biasa membeli beberapa hape dalam setahun dan ada pula yang membeli hp setiap beberapa tahun sekali.  Hal ini dapat menyebabkan jumlah populasi handphone dunia lebih besar daripada populasi manusia di muka bumi ini dalam waktu yang relatif singkat.

Karena masih banyak orang yang belum memiliki hp, maka jumlah ponsel yang ada di dunia ini akan melebihi jumlah pengguna ponsel yang ada di dunia.  Itu berarti akan menimbulkan suatu perbandingan di mana satu orang pemakai handphone setara dengan beberapa handphone sekaligus.  Hape yang digunakan manusia untuk berbagai kegiatan sehari-hari biasanya hanya satu atau dua saja, sedangkan sisanya disimpan di rumah teronggok begitu saja.

Zaman smartphone yang semakin canggih saat ini menyebabkan teknologi handphone lama menjadi tidak diminati lagi, sehingga menyebabkan banyak orang menyimpan handphone lama setelah menggunakan smartphone yang canggih.  Handphone lama bukanlah suatu benda yang tidak ada gunanya lagi.  Masih ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari telepon seluler (ponsel) yang sedang tidak digunakan untuk kebutuhan komunikasi sehar-hari.

Berbagai Manfaat Ponsel Lama atau Ponsel Jadul yang Sudah Tidak Digunakan Lagi :

1. Ponsel Cadangan / Handphone Serep

Saat telepon genggam yang sedang digunakan mengalami suatu masalah, sedang diservis, rusak, hilang, dan lain sebagainya, maka handphone lama pun otomatis akan digunakan kembali untuk sementara waktu.  Kecuali punya banyak uang sehingga ketika ada masalah pada handphone yang dipakai, langsung segera membeli yang baru sebagai penggantinya.  Handphone jadul dapat disimpan di dalam tas atau kantong kita sebagai alat komunikasi cadangan ketika terjadi sesuatu pada handphone yang sedang digunakan.  Namun pastikan handphone tersebut sudah diisi kartu perdana aktif dengan pulsa yang memadai serta batu baterai yang terisi energi dan masih bagus kondisinya.

2. Alat Hiburan Elektronik

Handphone lama banyak yang memiliki fungsi hiburan canggih seperti pemutar suara, pemutar video, televisi (tv), browsing-browsing situs web internet, penampil gambar, pemutar radio, dan lain sebagainya.  Tidak ada salahnya memanfaatkan handphone lama yang masih bagus kondisinya untuk dijadikan alat hiburan.  Dengan begitu maka baterai hp yang baru akan lebih awet karena hanya dimanfaatkan untuk komunikasi jarak jauh saja.

3. Alat Perekam / Dokumentasi

Hape yang lama yang memiliki fasilitas perekam seperti perekam suara, perekam gambar, perekam video, dan lain sebagainya bisa didayagunakan sebagai alat dokumentasi.  Di saat batre ponsel yang sering digunakan melemah, maka fitur dokumentasi dari ponsel lama pun mau tidak mau yang menjadi penggantinya untuk sementara waktu.

4. Pengingat Waktu / Kegiatan

Manfaatkan hp jadul untuk membangunkan anda dari tidur lelap anda.  Semakin banyak alat yang digunakan untuk membangunkan anda, maka makin bagus.  Setlah beberapa hape sekaligus serta jam weker yang ada untuk membantu anda bangun dari tidur.  Ada kalanya di saat-saat tertentu anda harus bangun sesuai dengan waktu yang telah direncanakan untuk melakukan sesuatu yang amat sangat penting dalam hidup anda.

5. Benda Koleksi / Barang Koleksi

Barang koleksi benda-benda kuno tidak hanya uang lama, perangko lama, kartu telepon lama, kertas segel lama, dan lain-lain.  Sesuatu yang saat ini digunakan orang pun bisa menjadi sesuatu yang dikoleksi orang di masa depan.  Jadi tidak ada salahnya anda simpan baik-baik handphone yang tidak digunakan lagi beserta kelengkapannya (dus, buku, handsfree, charger, kabel data, plastik pembungkus, kartu garansi, bon pembelian, dan lain sebagainya.  Jika ada cerita di balik handphone tersebut maka tulislah di kertas atau di dalam handphonnya karena bisa saja cerita tersebut dapat meningkatkan nilai dari handphone tersebut di masa yang akan datang.

Itulah beberapa contoh fungsi handhone lama atau manfaat ponsel jadul yang saat ini sedang anda tidak gunakan untuk kegiatan aktivitas sehari-hari.  Masih ada banyak fungsi, kegunaan, atau manfaat yang terkandung dari ponsel yang tak terpakai.  Jika anda butuh uang, maka handphone lama dapat dijual.  Namun akan lebih baik lagi jika handphone yang masih berfungsi dengan baik diberikan kepada orang yang sangat membutuhkan.  Mudah-mudahan artikel tulisan yang sederhana ini dapat memberikan kebaikan pada kita semua.  Terima kasih.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Fungsi / Manfaat Handphone Lama Jadul yang Tidak Terpakai"

Poskan Komentar