Hal / Faktor Penyebab Galau Pada Manusia / Seseorang

Arti galau secara kamus besar bahasa indonesia sama dengan kata bergalau yang artinya adalah sibuk beramai-ramai; ramai sekali; kacau tidak keruan (pikiran).  Jika kita melihat penggunaan kata galau pada saat sekarang ini sepertinya lebih merujuk kepada pikiran yang kacau tidak keruan.  Kata galau memang sepertinya mirip-mirip dengan kata khawatir, resah, risau, gundah, dan gelisah.  Orang yang sedang galau berarti orang tersebut sedang bingung karena sedang banyak pikiran.

Galau adalah suatu keadaan yang bersifat negatif.  Kebanyakan orang tidak suka mengalami kondisi galau pada dirinya.  Galau merupakan suatu keadaan yang rasanya tidak menyenangkan.  Galau bisa menyebabkan seseorang menjadi stress, depresi dan bahkan bisa menjadi gila sungguhan.  Ada banyak contoh kasus di sekitar kita di mana orang yang pikirannya kacau bermetamorfosis menjadi orang yang tidak waras karena secara tiba-tiba hilang akal sehatnya.  Ada banyak faktor penyebab galau pada manusia yang sebaiknya segera diatasi jika menghadapinya.

Beberapa Hal / Faktor yang Menyebabkan Galau / Kegalauan Pada Diri Seseorang :

1. Punya Banyak Masalah

Orang yang sedang punya banyak masalah pada saat yang bersamaan cenderung akan banyak pikiran sehingga akan menjadi orang yang galau.  Jika tidak segera diatasi dengan baik maka masalah yang ada bisa bertambah atau bahkan masalah yang sudah ada bisa semakin bertambah parah.

2. Akan Menghadapi Sesuatu

Ada banyak hal yang bisa membuat seseorang menjadi galau ketika akan menghadapi sesuatu.  Misalnya seperti akan menghadapi suatu ujian yang menentukan nasib masa depan, menghadapi pengumuman hasil suatu kegiatan yang penting, diberi tugas besar yang tidak yakin bisa dikerjakan dengan baik, dan lain sebagainya.

3. Mendapat Masalah Besar

Masalah besar bisa membuat seseorang menjadi seperti orang yang linglung karena banyak pikiran.  Contohnya seperti kehilangan seseorang yang menjadi tulang punggung dalam keluarga, mengalami patah hati, sedang tidak punya uang sama sekali, dipecat dari pekerjaan, menjadi korban kejahatan penjahat, dan lain-lain.

4. Mengkhawatikan Sesuatu

Merasa khawatir memang merupakan sesuatu hal yang wajar pada diri seorang manusia.  Namun ada kalanya khawatir yang dirasakan adalah kekhawatiran yang besar.  Khawatir tingkat tinggi tersebut biasanya membutuhkan sumber daya pikiran yang besar pada otak manusia.  Misalnya seperti khawatir anak belum pulang, khawatir akan kehilangan benda yang disayangi, seperti mendapat suatu firasat atau pertanda yang tidak baik, dan lain sebagainya.

5. Memikirkan Sesuatu yang Tidak Jelas

Sebagian orang ada yang gemar memikirkan sesuatu yang di luar batas kemampuannya sehingga pada akhirnya punya banyak pikiran yang tidak menentu yang tidak jelas juntrungannya.  Hal-hal yang dipikirkan dengan serius kebanyakan tidak mampu ditindaklanjuti dengan baik sehingga seperti orang yang selalu kebingungan.

Demikianlah yang dapat kami sampaikan sehubungan dengan hal-hal atau faktor-faktor yang membuat seseorang / manusia menjadi galau.  Mohon maaf atas segala kekurangan dan kesalahan.  Semoga bermanfaat untuk seluruh umat manusia di muka bumi ini, terima kasih.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Hal / Faktor Penyebab Galau Pada Manusia / Seseorang"

Posting Komentar