Hal/Faktor Penyebab Terjadinya Kebakaran Rumah/Gedung Bangunan

Kebakaran adalah salah satu bencana yang menimpa manusia sehingga dapat menyebabkan kerugian besar baik secara materiil maupun imateriil.  Kebakaran hendaknya dihindari sebisa mungkin karena kebakaran yang besar tidak hanya bisa menyebabkan kerugian pada satu orang atau satu pihak saja, namun juga bisa menyebabkan kerugian pada banyak pihak.

Salah satu cara yang paling baik dan efektif dalam menanggulangi bencana kebakaran adalah dengan cara memahami hal-hal apa saja yang bisa menyebabkan kebakaran dan melakukan hal-hal yang dapat mencegah terjadinya kebakaran di sekitar kita.  Sebaiknya tidak hanya dilakukan pada diri kita saja, namun juga pada keluarga kita dan orang-orang di sekitar kita agar orang lain juga turut dapat melakukan tindak pencegahan di lingkungannya masing-masing.  Bukan hal yang tidak mungkin jika kebakaran yang terjadi pada tetangga kita merembet ke rumah kita.

Beberapa Hal yang Menyebabkan Terjadinya Kebakaran Rumah/Gedung Bangunan :

1. Korleting / Arus Pendek Listrik

2. Kompor / Tabung Gas Meledak

3. Puntung Rokok Menyala yang Dibuang Sembarangan

4. Pembakaran Sampah yang Membesar Tidak Terkendali

5. Ledakan Mesin dan Bom (Contoh : Bom Molotov)

6. Kerusakan Alat Elektronik yang Mengeluarkan Api

7. Kesengajaan / Sabotase dari Orang Jahat

8. Anak-Anak yang Lalai dalam Bermain Api

9. Sambaran Petir Tanpa Penangkal Petir yang Baik

10. Rembetan Kebakaran Rumah / Hutan Besar

Dari beberapa faktor yang dapat menimbulkan kebakaran tersebut kita semestinya bisa mencari cara agar kita bisa menghindari bencana kebakaran di lingkungan di mana kita berada.  Tentunya mencegah akan jauh lebih baik daripada mengobati.  Persiapkan secara fisik maupun mental kita agar ketika terjadi kejadian kebakaran yang sebenarnya kita tidak panik dan sudah siap dengan apa-apa saja yang harus kita lakukan.  Minimal kita sudah siap dengan alat pemadam kebakaran yang memadai yang selalu tersedia di sekitar kita beserta keterampilan dan strateginya.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Hal/Faktor Penyebab Terjadinya Kebakaran Rumah/Gedung Bangunan"

Posting Komentar