Hal/Faktor Yang Membuat Makanan Menjadi Tidak Halal Untuk Muslim

Memastikan kehalalan suatu makanan dan minuman sangatlah penting bagi kita yang beragama Islam.  Ada banyak keburukan yang mungkin dapat terjadi apabila kita mengkonsumsi makanan atau minuman yang haram.  Mencicipi sedikit saja tidak boleh, apalagi sampai mengkonsumsi dalam jumlah yang banyak dan rutin.  Sebisa mungkin kita berusaha hanya mengkonsumsi sesuatu yang halal dan menghindari berbagai hal yang haram.

Saat ini banyak pedagang nakal yang mengaku menjual makanan atau minuman yang halal padahal sebenarnya tidak demikian.  Yang lebih parah lagi adalah yang memiliki sertifikat halal MUI (Majelis Ulama Indonesia) namun sengaja curang dengan mengganti bahan pembuatan produknya dengan sesuatu yang tidak halal atau tidak jelas halal haramnya.  Kita pun juga harus waspada dengan restoran yang mencantumkan slogan tidak mengandung babi, karena bisa jadi mengandung bahan haram lainnya selain babi.  Lebih-lebih restoran yang tidak punya logo halal sehingga kita harus bertanya dahulu secara mendetail kepada orang yang paham sebelum membeli.

Alasan Penyebab Suatu Makanan dan Minuman Menjadi Haram Bagi Umat Islam :

1. Memiliki Komposisi Bahan Masakan yang Tidak Halal

Makanan atau minuman yang dibuat dari bahan yang haram tentu saja menjadi tidak boleh dimakan atau diminum oleh orang Islam.  Contohnya seperti misalnya kue ulang tahun yang dibuat dengan bahan ruum yang mengandung alkohol dan mie ayam yang menggunakan minyak babi.

2. Diproses Dengan Alat Masak yang Dibuat Dari Bahan Tidak Halal

Suatu makanan menjadi tidak boleh dimakan orang muslim dan minuman menjadi tidak boleh diminum orang muslim jika saat membuatnya menggunakan alat yang dibuat dari bahan yang haram.  Misalnya seperti air minum dalam kemasan yang menggunakan filter dari tulang babi saat proses filtrasi air dan es teh manis yang diaduk-aduk dengan sendok yang terbuat dari tulang anjing.

3. Menggunakan Bahan Pembungkus / Kemasan yang Tidak Halal

Bungkus makanan yang bahan pembuatannya berasal dari bahan yang tidak dihalalkan dalam ajaran Islam tidak boleh dipakai untuk membungkus makanan yang ditujukan bagi orang Islam.  Dikhawatirkan makanan atau minuman yang dibungkus dengan kemasan yang tidak halal bisa mengkontaminasi makanan atau minuman yang tadinya halal menjadi tidak halal.

4. Terpapar atau Dicampur Sesuatu yang Diharamkan untuk Dikonsumsi

Pada saat mengkonsumsi makanan atau minuman jangan sampai dicampur atau dicemari oleh sesuatu yang haram agar tetap terjaga kehalalannya.  Misalnya kue yang belum sempat dimakan lalu dijilat anjing dan contoh yang lain lagi seperti minuman kopi yang dioplos dengan minuman keras yang memabukkan.

5. Didapat dengan Cara yang Tidak Baik Sehingga Menjadi Tidak Halal

Walaupun secara umum terlihat halal karena tidak mengandung unsur-unsur yang haram, suatu makanan atau minuman bisa menjadi tidak halal jika didapat dengan cara yang tidak benar.  Contohnya yaitu seperti makanan yang didapatkan dengan cara mencuri atau minuman yang dibeli dengan uang yang didapat dari pekerjaan yang dilarang oleh agama Islam.

----

Mudah-mudahan kita semua terhindar dari makanan dan minuman yang haram.  Makanan dan minuman yang tidak halal tidak hanya memberikan efek atau dampak buruk bagi kita yang mengkonsumsinya di dunia, namun juga di akhirat.  Atas segala kekurangan dan kesalahan kami mohon maaf lahir dan batin.  Terima kasih atas kunjungan anda di situs yang berusaha memberikan ilmu atau informasi yang bermanfaat ini.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Hal/Faktor Yang Membuat Makanan Menjadi Tidak Halal Untuk Muslim"

Poskan Komentar