Jenis / Macam Lapangan Olahraga di Sekitar Kita

Olahraga adalah suatu kebutuhan manusia untuk dapat tetap sehat sekaligus untuk mendapatkan hiburan atau kesenangan pada saat yang bersamaan.  Di Indonesia terdapat banyak orang yang gemar berolahraga permainan.  Untuk mengakomodir permainan olahraga masyarakat, dibuatlah berbagai lapangan olahraga dengan berbagai model dan kualitasnya.  Dengan adanya lapangan olahraga yang baik, maka kegiatan berolahraga pun akan menjadi lebih menyenangkan.

Beberapa Macam Lapangan Olahraga yang Umum Kita Jumpai di Indonesia :

1. Lapangan Sepakbola

2. Lapangan Bola Basket

3. Lapangan Futsal

4. Lapangan Bulu Tangkis / Badminton

5. Lapangan Tenis

6. Lapangan Bola Voli

7. Lapangan Golf

8. Lapangan Atletik

Lapangan olahraga pada umumnya dibangun atas swadaya masyarakat di lingkungan sekitarnya.  Selain untuk olahraga permainan sesuai dengan jenis olahraganya, lapangan olahraga juga bisa difungsikan untuk kegiatan kemasyarakatan lainnya.  Contoh bentuk pemanfaatan sarana lapangan olahraga untuk tujuan lainnya yaitu seperti untuk kegiatan senam bersama, lomba-lomba, sosialisasi, kampanye, pemilu / pilkada, lahan bermain anak-anak, dan lain sebagainya.

Salah satu kendala yang dihadapi oleh warga masyarakat untuk membuat lapangan olahraga adalah minimnya lahan dengan luas lahan yang cukup yang boleh digunakan untuk fasilitas umum warga masyarakat sekitar.  Sangatlah berat sekali jika warga masyarakat harus mengumpulkan dana yang cukup besar untuk membebaskan lahan yang memiliki luas tanah yang cukup luas.  Jika tak ada pilihan lain, maka lahan kosong milik pemerintah yang tidak sedang digunakan pun dapat dialih fungsikan untuk sementara waktu.  Atau jika tidak ada pilihan lagi, maka mau tidak mau masyarakat harus menyewa lapangan untuk berolahraga sesuai dengan hobinya masing-masing.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Jenis / Macam Lapangan Olahraga di Sekitar Kita"

Poskan Komentar