Jumlah Batas Maksimal Konsumsi Garam Dalam Sehari Pada Manusia

Dalam makanan dan minuman yang kita konsumsi sehari-hari biasanya mengandung garam dapur yang digunakan untuk membuat makanan dan minuman menjadi lebih enak rasanya.  Selain itu garam dapur juga bermanfaat untuk membantu memenuhi kebutuhan yodium manusia, khususnya pada garam yang beryodium.  Saat ini garam adalah salah satu bahan makanan yang cukup penting karena banyak digunakan sebagai bahan pembuatan makanan dan minuman.  Tidak hanya dipakai di Indonesia saja, namun juga di banyak negara di dunia.

Akan tetapi pemakaian garam dapur tentu ada batasannya.  Seseorang harus membatasi asupan garam hariannya agar tidak terkena gangguan kesehatan akibat mengkonsumsi garam dapur secara berlebihan.  Menurut Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan menyatakan bahwa batas maksimal jumlah konsumsi garam harian yang aman bagi setiap orang adalah sekitar 5 gram garam atau setara sekitar satu sendok teh garam (2000 miligram sodium atau natrium).  Untuk anak-anak tentu harus menyesuaikan, sehingga lebih amannya dibatasi paling banyak di bawah batasan orang dewasa.

Dengan batasan tersebut tentu kita harus berhati-hati dalam urusan makan dan minum kita sehari-hari.  Jangan sampai kita melebihi batas aman yang telah diperingatkan oleh pemerintah Indonesia.  Jika kita tidak waspada, tentu akan dengan mudah batasan garam maksimal harian terlampaui.  Hanya dengan makan makanan yang asin-asin saja kita bisa dengan segera mengalami kelebihan garam dapur dalam tubuh kita.  Jika kurang beruntung maka kita bisa mengalami penyakit atau gangguan kesehatan yang disebabkan oleh kelebihan garam dapur.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Jumlah Batas Maksimal Konsumsi Garam Dalam Sehari Pada Manusia"

Poskan Komentar