Keburukan/Kekurangan Mempunyai Rumah Besar dan Luas?

Saat ini ada banyak sekali orang yang menginginkan punya rumah yang besar dan luas.  Bahkan ada pula yang berangan-angan ingin punya rumah seperti istana raja yang sangat megah, indah, luas dan berkelas.  Bebagai bayangan yang enak-enak muncul pada benak orang ketika berimajinasi tinggal di rumah yang besar dan lega.  Namun sebelum beralih ke rumah yang besar, lega dan luas ada baiknya kita lihat apa saja hal-hal yang menjadi kekurangan rumah besar.

Beberapa Keburukan / Kekurangan Memiliki Rumah Besar dan Luas :

1. Butuh Biaya Perawatan yang Besar

Setiap ruangan, setiap tembok, setiap pintu, setiap jendela, dan lain sebagainya tentu butuh diperbaiki ketika sudah rusak.  Yang satu selesai diperbaiki, yang lain rusak.  Hal tersebut sudah lumrah terjadi di mana-mana.  Untuk mengecat ulang rumah saja butuh dana yang sangat besar yang belum tentu bisa dilakukan secara rutin.

2. Perlu Banyak Tenaga untuk Membersihkan

Bayangkan saja sekali bersih-bersih rumah kita akan dipaksa untuk membersihkan banyak hal, mulai dari menyapu lantai, hingga membersihkan kusen jendela dan pintu dari debu-debu kototan yang menempel.  Jika punya banyak uang tentu bisa mempekerjakan tukang bersih-bersih untuk melakukannya.  Namun hal tersebut tentu saja akan menambah besar beban biaya yang kita tanggung.

3. Lebih Terkesan Sepi dan Angker

Orang yang penakut tentu bisa merasa takut jika harus tinggal di rumah yang besar sendirian atau ditemani oleh beberapa orang saja, karena kesan angker dan sepi.  Untuk menutupi kesan sepi dan angker rumah yang besar tentu dibutuhkan suatu desain interior tertentu yang bisa menghilangkan kesan menakutkan pada rumah tersebut.  Lagi-lagi biaya keluar banyak untuk memodifikasi rumah menjadi lebih terlihat biasa-biasa saja.

4. Kena Pajak Lebih Besar

Rumah yang besar tentu kena pajak bumi dan bangunan (PBB) yang besar.  Dari tanahnya saja sudah besar, apalagi ditambah dengan pajak bangunannya.  Bagi orang yang kurang mampu tentu hal ini bukan masalah karena bisa minta pengurangan pajak ke pihak yang berwenang.  Namun bagi orang yang punya uang walaupun tidak banyak tentu ini akan menjadi sesuatu hal yang membebani secara rutin setiap tahunnya.

5.  Biaya Lain-Lain

Jika rumahnya luas tentu butuh penerangan lampu yang ekstra banyak.  Jika tamannya luas tentu butuh air bersih lebih banyak untuk menyiram tanaman.  Jika pembantunya banyak tentu harus bayar gaji pembantu rumah tangga lebih mahal.  Jika orangnya banyak tentu harus memberi makan orang lebih banyak, dan lain-lain.  Semakin banyak biaya tentu akan menjadi sesuatu hal yang memusingkan bagi orang yang penghasilannya pas-pasan.

Melihat dari berbagai hal negatif yang mungkin bisa saja muncul ketika seseorang memiliki rumah yang besar dan luas, maka hendaknya sebelum tinggal di rumah yang luas dipikirkan dulu beberapa kali agar jangan sampai salah perhitungan sehingga akhirnya rumah yang besar dan luas tersebut ditinggalkan atau bahkan dijual untuk kembali ke rumah yang biasa-biasa saja.  Semoga hal ini membawa kebaikan bagi kita bersama, kurang lebih mohon maaf, terima kasih.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Keburukan/Kekurangan Mempunyai Rumah Besar dan Luas?"

Poskan Komentar