Kemampuan Indera Penciuman Manusia Bisa Turun Drastis 50%

Banyak orang yang tidak mengetahui bahwa kemampuan penciuman memiliki masanya.  Ada saatnya kemampuan penciuman seseorang maksimal dan ada saatnya kemampuan penciuman tidak bisa lagi maksimal.  Ketika indra penciuman masih bagus maka hidung bisa membaui berbagai macam aroma yang tersebar di sekelilingnya.  Mulai dari bau yang tidak enak sampai bau yang sangat enak sekali bisa dideteksi dengan mudah lewat indera penciuman.

Namun ada sesuatu yang terjadi ketika seseorang menjadi tua.  Saat usia seseorang sudah lanjut, maka kemampuan indera penciuman menjadi tumpul dari hari ke hari.  Jika indra peciuman sudah tumpul maka yang terjadi adalah seseorang tidak lagi bisa mengidentifikasi bau atau aroma yang berkeliaran di sekelilingnya secara optimal.  Ada bau-bauan, wangi-wangian, aroma-aromaan, dan sebangsanya yang tadinya bisa diidentifikasi tidak bisa lagi diidentifikasi.

Pada umumnya usia normal seseorang mulai mengalami penurunan kemampuan indera penciuman adalah pada usia 65 tahun.  Pada usia tersebut seseorang akan tidak bisa lagi mencium beberapa macam aroma atau bau.  Dan pada puncaknya adalah pada usia 80 tahun di mana seseorang bisa mengalami penurunan kemampuan penciumannya hingga mencapai setengahnya atau sekitar 50%.  Itu artinya adalah seseorang tidak lagi mampu mengidentifikasi banyak sekali bau sebagaimana masih berusia muda seperti dahulu.  Oleh karena itu syukurilah indera penciuman kita yang luar biasa ini kepada Allah SWT yang memberikan berbagai nikmatnya kita.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Kemampuan Indera Penciuman Manusia Bisa Turun Drastis 50%"

Posting Komentar