Kerugian Besar Seorang Perokok/Pecandu Rokok Muda Selama Hidupnya

Apabila seorang remaja terjerumus oleh pengaruh rokok sehingga menjadi seorang perokok aktif, maka kemungkinan besar anak muda tersebut akan menghabiskan sisa hidupnya menghisap rokok karena tidak bisa berhenti karena efek berhenti merokok yang menyiksa. Dengan demikian pengusaha rokok sangat diuntungkan karena memiliki korban rokok yang umumnya setia pada rokok kesusakaannya.

Asumsi-asumsi yang digunakan pada perhitungan :
1. Satu batang rokok harganya Rp. 1000,-
2. Dalam satu hari rata-rata habis 12 barang rokok
3. Usia Mulai Merokok adalah 15 tahun
4. Usia Berhenti Merokok adalah 55 tahun
5. Satu Bulan ada 360 hari

Mari kita hitung berapa uang yang harus dikeluarkan oleh seorang remaja yang mau mulai merokok tersebut selama merokok :

Rokok Seumur Hidup = Jumlah Rokok Satu Tahun x Harga Rokok
Rokok Seumur Hidup = (40 tahun x 360 hari x 12 batang) x Rp. 1000
Rokok Seumur Hidup = 172.800 batang x Rp. 1000
Rokok Seumur Hidup = Rp. 172.800.000,-

Jadi seorang remaja telah dibebankan biaya rokok seumur hidup sebesar seratus tujuh puluh dua juta delapan ratus ribu rupiah. Nilai uang tersebut saat ini setara dengan satu buah rumah sederhana atau satu unit mobil baru. Perhitungan ini belum memperhitungkan inflasi dan biaya pengobatan apabila sakit. Jadi bisa lebih dari milyaran rupiah yang harus ditanggung pecanduk rokok muda selama menjadi budak rokok. Suatu jumlah uang yang sangat besar dan bisa dimanfaatkan untuk keperluan yang lainnya.

Selama bisa berhenti merokok maka berhentilah sebelum otak anda menganggap zat nikotin yang terkandung di dalam asap rokok sebagai makanan wajib yang harus selalu tersuplai di sepanjang waktu.  Pada dasarnya tubuh kita tidak membutuhkan nikotin.  Namun jika diperkenalkan ke dalam tubuh kita, maka tubuh kita semakin lama akan semakin membutuhkan zat tersebut.  Apabila berhenti mengkonsumsi nikotin secara tiba-tiba maka orang yang ketagihan nikotin hidupnya menjadi tidak nyaman dan tidak menyenangkan.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Kerugian Besar Seorang Perokok/Pecandu Rokok Muda Selama Hidupnya"

Posting Komentar