Keunggulan / Manfaat Rajin Sholat Berjamaah di Masjid atau Musholla

Rajin sholat lima waktu di masjid ternyata bisa mendatangkan banyak sekali manfaat.  Tidak hanya sekedar untuk menunaikan ibadah wajib saja, namun juga bisa memberikan banyak kebaikan yang mungkin di luar perkiraan kita.  Jika saja orang-orang Islam yang ada di suatu daerah malas sholat berjamaah di awal waktu di masjid, tentu masjid akan menjadi sangat kosong.

Beberapa Keunggulan dan Manfaat Rajin Datang ke Masjid / Musholla untuk Sholat Berjamaah :

1. Dapat Pahala yang Sangat Besar

Sholat berjamaah di awal waktu secara bersama-sama memiliki jumlah pahala yang berbeda dengan sholat sendirian.  Perbedaannya mungkin bisa mencapai 27 derajat lebih tinggi.  Satu derajat pahala kita tidak tahu besarannya, namun sepertinya sangat jauh lebih besar daripada sholat sendiri-sendiri.  Selain itu kita pun juga bisa mendapat pahala tambahan jika selama kita berada di masjid atau mushola kita niatkan terlebih dahulu dengan niat i'tikaf (berdiam diri di masjid).

2. Bisa Semakin Dekat dengan Tetangga dan Jamaah Masjid

Dengan semakin sering bertemu di masjid atau di musholla ketika beribadah berjamaah, maka semakin besar pula peluang untuk melakukan interaksi dengan tetangga dan orang lain yang memiliki kebiasaan yang sama.  Walhasil, hubungan kita dengan banyak orang lain bisa menjadi semakin akrab jika kita menjalaninya dengan baik dan benar.

3. Mendapatkan Kepercayaan

Orang yang rajin ke masjid itu biasanya orang-orang baik.  Jika kita dapat berperilaku yang baik selama beribadah di masjid atau mushola, maka orang-orang pun tidak akan ragu untuk memberikan kepercayaannya kepada kita.  Contoh kepercayaan yang diberikan orang di sekitar kita yaitu seperti menjadikan kita sebagai pengurus masjid, membrikan jabatan sosial masyarakat kepada kita, kepercayaan dalam hal bisnis, mendapat tawaran pekerjaan, mendapat tawaran dikenalkan dengan lawan jenis jika belum menikah, dan lain sebagainya.

4. Mendapatkan Bantuan Gratis

Kita kita tidak muncul di masjid dalam kurun waktu tertentu, maka kita bisa dicari oleh jamaah atau pengurus masjid yang kenal dekat dengan kita.  Jika kita mengalami sesuatu hal tertentu pun kita bisa mendapat bantuan, baik secara material maupun imaterial.  Misalnya jika kita sakit maka kita akan didoakan dan mungkin dijenguk oleh kenalan kita di masjid.  Jika kita kesulitan ekonomi maka masjid bisa menawarkan bantuannya kepada kita.  Selama kita bisa menjadi jamaah masjid yang aktif, maka bantuan pun bisa datang tanpa disangka-sangka tanpa kita memintanya.

---

Itulah beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan hanya dari rajin ibadah sholat wajib lima waktu di masjid atau musholla yang ada di sekitar tempat tiggal kita.  Semoga kita dijadikan Allah SWT sebagai insan yang rukuk bersama dengan orang-orang yang rukuk.  Cobalah untuk menjadi orang yang rajin ke masjid untuk merasakan sensasi luar biasanya.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Keunggulan / Manfaat Rajin Sholat Berjamaah di Masjid atau Musholla"

Posting Komentar