Keunikan / Keanehan Huruf X dalam Bahasa Indonesia

Tahukah anda bahwa huruf x itu ternyata memiliki sesuatu yang aneh di dalam bahasa kita.  Huruf x yang dilafalkan dengan kata éks ternyata dalam prakteknya tidak demikian adanya.  Semua kata yang berawalan huruf x memiliki lafal s daripada éks atau ks.  Hanya ada dua kata dalam kamus bahasa indonesia yang menggunakan lafal éks atau ks, yaitu kata X dan kata Xi.  Itu pun juga karena menjelaskan huruf x itu sendiri atau merupakan kata yang berasal dari bahasa asing (Bahasa Yunani).

Semua kata yang diawali huruf x selain dua kata di atas secara lafal dianggap sama dengan huruf s.  Berikut di bawah ini adalah semua kata yang dimulai dengan huruf x beserta lafalnya :

x = éks
xantat = santat
xantena = santéna
xantofil = santofil
xenia = sénia
xenofili = sénofili
xenofobia = sénofobia
xenoglosia = sénoglosia
xenograf = sénograf
xenokrasi = sénokrasi
xenolit = sénolit
xenomania = sénomania
xenon = sénon
xerofil = sérofil
xerofit =sérofit
xeroftalmia = séroftalmia
xerografi = sérografi
xerosis = sérosis
xi = ksi
xifoid = sifoid 
xilem = silém
xilena = siléna
xilofon = silofon
xilograf = silograf
xilografi = silografi
xiloid = siloid
xiloidina = siloidina
xilol = silol
xilologi = silologi
xilonit = silonit
xilosa = silosa

Maksud atau arti dari é adalah suatu lafal huruf e.  Ada dua lafal huruf e, yaitu é dan e.  Contoh lafal e yang é contohnya seperti pada kata baret, sate, lewat, dan lain-lain.  Sedangkan lafal e yang e contohnya seperti pada kata jejaka, orde, kepada, resah, dan lain sebagainya.  Untuk contoh gabungan dua lafal huruf e yang berlainan contohnya seperti sepeda (sepéda) dan lembek (lembék).

Jadi dari contoh diatas dapat kita lihat bahwa hampir semua kata yang diawali huruf x dilafalkan dengan huruf s dan bukan dilafalkan dengan éks atau ks.  Misalnya kata xenia yang dilafalkan sénia, bukan dilafalkan eksénia atau pun ksénia.  Selain itu kelihatannya kata-kata yang diawali huruf x pada kamus besar bahasa indonesia semuanya adalah kata serapan dari bahasa asing sehingga mungkin pada awalnya di negara kita dulu tidak mengenal kata yang menggunakan huruf x.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Keunikan / Keanehan Huruf X dalam Bahasa Indonesia"

Posting Komentar