Masak Makanan Sendiri Lebih Sehat Daripada Makan di Restoran, Kantin, Warung, dll

Secara umum memasak makanan sendiri itu lebih sehat dan lebih higienis dibandingkan dengan makan di luar, seperti makan di warung, kantin, kedai, restoran, rumah makan, gerobak keliling, lapak, dan lain sebagainya.  Dengan masak sendiri maka kita akan terlibat langsung dalam pemilihan bahan makanan yang akan digunakan, penentuan alat / peralatan memasak yang akan dipakai, memilih metode pemasakan dan penyajian yang dikehendaki, dan lain sebagainya.

Jika kita memilih makan di luar rumah maka kita tidak bisa melihat proses pemilihan bahan baku pembuatan makanan, alat yang digunakan, cara pemasakan, cara penyajian, penentuan tempat memasak, dan lain sebagainya.  Bisa saja dalam suatu tahapan pemasakan makanan atau minuman terdapat proses yang menurut kita adalah sesuatu yang tidak baik dan seharusnya tidak dilakukan.  Namun karena kita hanya tinggal menerima makanan / minuman jadi dalam bentuk sajian, maka yang bisa kita nilai adalah dari segi penampilan, bentuk / testur, aroma dan rasa saja.

Bukan sesuatu hal yang tidak mungkin misalnya orang yang memasak itu orangnya sangat jorok sehingga makanan yang dihasilkan sebenarnya tidak memenuhi syarat kehigienitasan yang baik.  Atau bisa jadi bahan makanan yang dipilih adalah bahan makanan yang tidak memenuhi syarat kesehatan atau takarannya terlalu berlebihan sehingga beresiko menimbulkan masalah kesehatan pada orang yang memakannya.  Oleh karena itu maka hendaknya kita mengolah makanan dan minuman kita sendiri jika kita punya ilmunya dan juga keterampilan / kemampuan yang dibutuhkan.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Masak Makanan Sendiri Lebih Sehat Daripada Makan di Restoran, Kantin, Warung, dll"

Poskan Komentar