Pasir Pantai yang Berwarna Merah di Indonesia

Negara Indonesia adalah negara yang memiliki banyak sekali pantai.  Wajar saja mengingat negara Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki belasan ribu pulau yang tersebar di seluruh penjuru tanah air.  Tentu saja dari sekian banyak pantai berpasir yang ada di nusantara terdapat pantai-pantai unik yang berbeda dari pantai lainnya yang ada di dunia.  Salah satunya adalah pantai yang ada di pulau tinabo dan beberapa pantai lainnya yang ada di daerah Takabonerate, Sulawesi Selatan.

Pantai di pulau tinabo dan di sekitarnya memiliki ciri khas tersendiri yaitu pantai yang berwarna merah.  Pantai merah yang ada di beberapa pulau di Takabonerate disebabkan oleh banyaknya pecahan karang yang berwarna merah.  Warna merah pada pantai pulau tinabo dan di sekitarnya akan lebih terlihat mentereng pada saat sinar matahari sedang terik-teriknya.  Pasir pantai yang berwarna kemerah-merahan tersebut tentu saja akan memberikan kesan atau sensari tersendiri yang mungkin belum pernah kita rasakan sebelumnya di tempat lain.

Pecahan karang yang berwarna merah memiliki kekurangan tersendiri, yaitu jika seseorang berlari-lari di pantai tanpa alas kaki akan merasa sakit di kakinya.  Hal ini disebabkan oleh banyaknya pecahan karang yang tajam-taham yang siap menyakiti kaki manusia yang menginjaknya secara langsung tanpa memakai alas kaki.  Bagian pasir yang terendam air dan tersapu ombak pantai akan memperlihatkan garis lurus berwarna merah.  Efek positif dari pecahan karang merah adalah bisa membuat air laut di pantai terlihat jernih walaupun ada banyak sampah kiriman dari daerah lain pada saat musim barat berlangsung.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Pasir Pantai yang Berwarna Merah di Indonesia"

Poskan Komentar