Terbaru :
Home » , , , » Masalah Kesehatan Umum Para Ibu Hamil (Bumil) Pada Masa Kehamilan

Masalah Kesehatan Umum Para Ibu Hamil (Bumil) Pada Masa Kehamilan

Oleh godam64 pada 01 November 2010 | 00:42

Tidak semua para calon ibu merasakan hal yang sama pada masa kehamilan. Ada yang merasakan keluhan selama masa kehamilan, ada juga yang tidak sama sekali. Masalah kesehatan ringan yang sering dirasakan oleh para wanita hamil adalah seperti kejang-kejang otot, sulit buang air besar, mual-mual, muntah-muntah, kaki bengkak, sakit ulu hati, keputihan, varises, dan lain sebagainya.

Beberapa Kendala/Masalah Kesehatan Yang Sering Dihadapi Para Ibu Hamil Pada Masa Kehamilan :

1. Kram / Kejang Otot

Kram adalah suatu kedaan dimana terjadi kejang otot mendadak terutama pada otot betis dan akan hilang setelah beberapa saat. Kram atau kejang otot seperti ini sering dirasakan pada wanita yang sedang hamil. Hal ini dimungkinkan karena beberapa faktor yaitu kurang vitamin dan mineral karena para ibu hamil memerlukan vitamin dan mineral lebih banyak dari biasanya. Asupan vitamin dan mineral akan sangat membantu untuk mencegah terjadinya kram pada wanita hamil.

2. Sakit Pinggang

Keluhan ini sering dialami pada wanita hamil ketika kehamilan mulai membesar. Seiring dengan bertambahnya berat badan bayi akan menekan otot perut dan otot punggung. Pada wanita hamil, keluhan ini sering dirasakan dengan otot punggung dan perut yang lemah, sering membungkuk atau pada mereka yang memakai dengan tumit yang tinggi.

3. Rasa Mual dan Muntah-Muntah

Tidak semua wanita hamil merasakan mual dan muntah, biasanya apabila ada wanita hamil yang mengalami mual atau muntah tidak melebihi dari 3 bulan. Tapi tidak jarang juga ada yang mengalami hal tersebut sampai usia kandungan 9 bulan, bahkan sampai ada yang perlu dirawat di Rumah Sakit karena muntah yang hebat. Ada juga wanita hamil yang maunya mengurung diri di rumah atau kamar karena dia tidak mau terkena sinar matahari.

4. Rasa Tidak Enak di Ulu Hati

Seiring dengan bertambah besarnya bayi yang ada dalam kandungan, bayi akan mendesak lambung sehingga sering kali menyebabkan aliran balik asam lambung yang mengakibatkan rasa tidak enak/rasa seperti terbakar pada dada bagian bawah dan perut bagian atas. Perasan ini muncul bila anda membungkuk terlalu cepat dan bersendawa setelah selesai makan.

5. Konstipasi / Sulit Buang Air Besar (Susah BAB)

Disamping karena bayi dalam kandungan yang menekan usus besar bagian bawah, wanita hamil kurang aktif, kurang minum atau kurang mengkonsumsi makanan berserat bisa menyebabkan susah buang air besar (BAB). Adanya wasir juga bisa menyebabkan hal tersebut.

6. Sesak Nafas

Pada usia kandungan 8 sampai 9 bulan, biasanya terjadi sesak napas ringan. Hal ini terjadi karena bayi menekan paru-paru sang ibu. Sesak nafas ini akan hilang dengan sendirinya beberapa minggu menjelang kelahiran dimana kepala bayi mulai masuk kedalam rongga panggul. Hal ini sebenarnya bisa diatasi dengan cara ketika sedang mengerjakan sesuatu, lakukanlah dengan perlahan-lahan dan berbaring dengan menggunakan bantal yang agak tinggi. Apabila sesak napas yang anda rasakan semakin mengganggu dan membuat anda menjadi sulit tidur, segeralah periksakan ke dokter kandungan kesayangan anda.

7. Bengkak di Kaki dan Pergelangan Kaki

Hal seperti ini sudah biasa terjadi pada wanita hamil, sedikit pembengkakan pada kaki dan pergelangan kaki disebabkan karena penimbunan air. Istirahatlah selama 1 – 2 hari dengan kaki diangkat atau ditinggikan dengan cara diganjal menggunakan bantal atau yang lainnya maka bengkak akan hilang dengan sendirinya. Apabila bengkak tidak kunjung susut atau bahkan semakin berat, segera konsultasikan ke dokter karena dikuatirkan ada gangguan yang lebih serius.

8. Infeksi Saluran Kencing

Menjaga kebersihan pada saat kehamilan sangatlah penting, karena bisa berakibat yang tidak baik untuk anda dan bayi dalam kandungan anda. Salah satunya adalah infeksi saluran kandung kemih, segera temui dokter anda apabila timbul keluhan sering kencing, rasa sakit dan panas pada waktu kencing atau urin keruh atau bercampur darah. Apabila hal ini tidak diobati dengan baik maka dapat menyebabkan infeksi pada ginjal dengan gejala-gejala demam, menggigil, sakit pinggang, (di daerah ginjal) sering kencing disertai rasa sakit.

9. Keputihan

Berkembang biaknya jamur yang biasanya ada pada alat kelamin wanita akan jauh lebih cepat karena adanya perubahan hormonal pada masa kehamilan. Hal ini akan menyebabkan infeksi pada liang senggama atau vagina sehingga akan menghasilkan cairan putih, gatal dan perasaan panas disekitar liang senggama atau vagina.

10. Varises

Varises sering terjadi pada mereka wanita hamil yang kurang aktif, selain itu juga bisa dikarenakan faktor keturunan atau mereka yang sering susah buang air besar. Tekanan dari janin membuat bertambahnya tekanan pembuluh darah balik pada daerah tubuh bagian bawah.

Sekian dan Terima Kasih.
Rekomendasikan artikel ini :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 
Jaringan Ilmu Pengetahuan : Link Singkat Organisasi.Org | Bacaan Singkat Sarat Ilmu | Forum Komunitas yang Baik
Hak Cipta / Copyright © 2005-2014 godam64 - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Powered by Blogger