Mengantuk Saat Menyetir Mobil/Motor Bisa Membunuh Manusia

Demi keselamatan diri kita dan orang lain yang berada satu kendaraan yang kita, maka hendaknya kita selalu waspada akan rasa kantuk yang menyerang saat sedang mengendarai kendaraan bermotor seperti mobil dan sepeda motor.  Rasa mengantuk bisa muncul tiba-tiba menyerang diri kita yang sedang berjuang membawa kendaraan bermotor ke tempat tujuan.  Jika gagal mengatasi rasa kantuk, maka bersiap-siaplah menerima maut dan nasib buruk yang mungkin akan menimpa diri kita.

Jika sudah merasa mengantuk, maka sebaiknya segeralah untuk beristirahat sejenak untuk menghilangkan rasa kantuk yang ada.  Jangan menahan rasa kantuk sekuat tenaga karena kita hanyalah manusia biasa yang normal yang butuh tidur setiap hari.  Jangan disamakan dengan robot yang bisa beroperasi terus-menerus tanpa henti.  Berhenti di tempat yang aman untuk kemudian istirahat cari angin atau bahkan tidur selama beberapa waktu.

Beberapa Cara Mengatasi Mengantuk Ketika Menyetir Mobil / Sepeda Motor di Jalan Raya :

1. Cari Supir Pengganti

Jika ada orang lain yang bisa menggantikan kita menyetir maka mintalah orang itu menggantikan kita.  Dengan demikian kita bisa terlepas dari tugas menyetir dan menjadi penumpang biasa.  Dalam kesempatan itu maka segarkanlah pikiran kita supaya ngantuknya hilang.

2. Istirahat Sejenak Cari Angin

Berhentilah di pinggir jalan atau di parkiran yang aman yang bisa kita jadikan tempat untuk refreshing menyegarkan pikiran dan tenaga supaya rasa mengantuk yang muncul bisa berkurang atau bahkan dihilangkan secara total.

3. Istirahat Total alias Tidur

Jika sudah ngantuk berat, maka yang bisa kita lakukan adalah tidur.  Namun tidur di dalam mobil harus kita perhatikan banyak aspek teknis dan non teknis agar kita tidak mati lemas karena kurang oksigen saat sedang tidur.  Jika mungkin maka berhentilah di masjid yang selasarnya bisa kita gunakan untuk tidur.  Jika sudah merasa segar dan tidak mengantuk lagi maka anda bisa melanjutkan perjalanan (safar) anda.

---

Semoga tulisan tentang mengantuk ketika membawa mobil atau sepeda motor ini bisa bermanfaat bagi kita semua, kurang lebih mohon maaf dan terima kasih.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Mengantuk Saat Menyetir Mobil/Motor Bisa Membunuh Manusia"

Posting Komentar