Orang yang Sebaiknya Tidak Diajak Masuk Rumah Bertamu

Manusia adalah makhluk sosial yang saling kunjung mengunjungi satu sama lain.  Kegiatan bertamu adalah suatu kegiatan umum yang dilakukan oleh masyarakat kita.  Namun demi kebaikan diri kita dan anggota keluarga kita yang tinggal di rumah kita hindaknya kita selektif dalam memilih orang yang akan kita ajak atau undang bertamu ke rumah kita.  Jangan sampai aktivitas mengundang orang ke rumah kita menjadi mimpi buruk yang sangat tidak menyenangkan.

Contoh Orang-Orang yang Hendaknya Tidak Kita Ajak Masuk Ke Dalam Rumah Kita :

1. Orang yang Tidak Waras

Orang gila atau orang yang cacat mental hendaknya tidak diajak masuk ke dalam rumah kita karena takutnya dapat melakukan hal-hal tidak terduga yang merugikan diri kita dan penghuni rumah lainnya.  Namun apabila kita sudah mengetahui sifat perilaku dari orang yang kurang waras tersebut serta mampu mengawasinya dengan baik maka barulah kita boleh mengajak masuk ke rumah kita.

2. Orang yang Suka Mencuri / Berbuat Jahat

Orang yang memiliki hobi mencuri barang orang lain atau kleptomania sebaiknya tidak diajak jika tidak ada suatu keperluan yang sangat penting.  Dikhawatirkan orang yang mempunyai kebiasaan yang buruk tersebut melakukan aksinya di rumah kita.  Selain itu oang yang suka berbuat tidak kejahatan lainnya juga sebaiknya tidak kita jadikan tamu di rumah kita apabila tidak ada sesuatu hal yang mendesak.

3. Orang yang Suka Merusak Barang Orang Lain

Terkadang ada orang yang memiliki sifat tangan panas, yaitu apa yang dipegangnya suka menjadi rusak.  Jika kita tidak ingin ada barang milik kita yang rusak maka hendaknya kita tidak mengajak orang yang suka membuat barang menjadi rusak main bertamu ke rumah kita.

4. Orang yang Senang Berbuat Onar

Sifat orang memang beragam satu sama lain.  Salah satunya adalah sifat yang gemar membuat keonaran atau rusuh.  Sangat dikhawatirkan jika orang semacam itu kita ajak main bertandang ke rumah kita bisa membuat keadaan di rumah kita jadi tidak karuan.  Walaupun pada awalnya hanya bercanda, namun bisa berujung pada perkelahian yang serius.

5. Orang yang Sedang Sakit Keras

Orang yang sedang menderita suatu penyakit parah sebaiknya dibawa ke rumah sakit, klinik, puskesmas atau sejenisnya.  Jangan dibawa ke rumah kita jika kita tidak mampu membantu merawat penyakitnya.  Bisa-bisa penyakit orang yang sedang berada di rumah kita bertambah para sehingga kita bisa disalahkan jika terjadi apa-apa oleh pihak keluarganya.

6. Orang yang Baru Dikenal dan Tidak Dikenal

Seakrab dan sebaik apa pun orang yang baru dikenal jangan terburu nafsu kita ajak ke rumah kita.  Hal ini berlaku untuk lawan jenis maupun yang sama jenis kelaminnya.  Ada banyak orang jahat yang memanfaatkan kelengahan kita untuk melakukan aksi jahatnya.  Orang yang terbiasa menipu orang suka berpura-pura menjadi orang baik.  Namun jika kita sangat yakin bahwa orang yang baru dikenal ada orang yang baik maka kita bisa mengajak bertamu ke rumah kita asalkan kita

7. Anak-Anak yang Belum Dapat Izin Orang Tuanya

Jika ingin membawa masuk rumah anak-anak yang masih di bawah umur sebaiknya minta izin terlebih dahulu kepada orangtuanya.  Jika ada anak-anak main ke rumah kita sebaiknya pintu rumah tidak ditutup agar bisa terlihat orang dari luar, kecuali membahayakan anak-anak.  Jika perlu ajak bertamu juga sekalian orangtuanya.  Dibutuhkan ketelitian dan ketelatenan dalam menjaga anak-anak yang sedang bermain di rumah kita agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

8. Lawan Jenis yang Bukan Suami / Isteri atau Keluarga

Membawa masuk lawan jenis yang bukan muhrim (mahram) ke dalam rumah bisa memicu fitnah dan juga dapat menimbulkan perbuatan maksiat yang dibenci oleh Allah SWT.  Oleh sebab itu sebaiknya lawan jenis tidak dibawa masuk ke dalam rumah kecuali ada orangtua dan ditempatkan di teras rumah yang dapat terlihat oleh orang yang berada di luar rumah.

----

Demikianlah artikel singkat mengenai pihak-pihak yang hendaknya tidak diundang masuk ke dalam rumah kita untuk menghindari berbagai hal yang tidak diinginkan yang mungkin bisa saja terjadi.  Mudah-mudahan bisa menambah ilmu kita serta dapat memberikan kebaikan kepada kita.  Atas segala kekurangan dan kesalahan kami mohon maaf yang setinggi-tingginya, terima kasih.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Orang yang Sebaiknya Tidak Diajak Masuk Rumah Bertamu"

Posting Komentar