Pengalihan Domain Expired pada Blog Blogger / Blogspot

Apa yang akan terjadi apabila sebuah blog blogger yang dipasangi domain milik sendiri tiba-tiba domainnya expire, kadaluwarsa, atau habis masa berlakunya?  Yang pasti blog tersebut tidak akan bisa diakses untuk sementara waktu hingga domain yang dipasangkan dengan blog diaktifkan kembali.  Domain yang memasuki masa kadaluarsa tersebut harus diperpanjang masa berlakunya agar bisa kembali aktif dan dapat diakses lagi seperti sedia kala.

Lalu apa yang akan terjadi apabila domain yang dipasang dengan blogger tersebut tidak diperpanjang lagi atau diambil alih registrasinya oleh pihak lain?  Jika demikian kasusnya maka yang terjadi adalah blog kita tidak dapat diakses lagi sampai kita melakukan pendaftaran ulang domain yang sudah drop tersebut.  Namun berbeda kasusnya jika domain yang drop sudah didaftarkan orang lain.

Jika ternyata ada orang lain yang mendaftarkan domain yang sudah dihapus tersebut maka kita akan masuk ke website atau blog lain yang bukan milik kita.  Bisa jadi kita tidak menemukan situs web aktif apapun karena domainnya belum diapa-apakan oleh pemilik domain yang baru.  Jika kita akses alamat blog versi asalnya yaitu ???.blogspot.com maka yang muncul adalah suatu pertanyaan pilihan apakah mau mengakses website pada domain yang telah terjadi perubahan kepemilikan atau pergi ke halaman muka blogger.  Kita tidak akan bisa mengakses blog kita di alamat semula sampai kita melakukan setting ulang pada pengalihan domain blog kita.

Oleh sebab itu sebaiknya kita rajin memperpanjang masa aktif domain kita hingga 10 tahun lamanya (jika mampu).  Daripada kita lupa dan akhirnya harus rela kehilangan domain kita akibat lalai memperpanjang domain setiap tahunnya.  Yang jelas ada domain yang bisa diperpanjang hingga 10 tahun dan ada yang hanya bisa diperpanjang lima tahun dan dua tahun lamanya.  Sebaiknya pilih domain yang bisa diperpanjang sampai 10 tahun agar tidak repot melakukan perpanjangan domain terus-menerus.  Kita pun juga harus rajin mengakses situs web atau blog kita agar masalah-masalah yang muncul secara tiba-tiba bisa segera teratasi dengan baik.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Pengalihan Domain Expired pada Blog Blogger / Blogspot"

Poskan Komentar