Pengaruh Musim Liburan Terhadap Jumlah Pengunjung Website/Blog Internet

Hari libur adalah hari yang menyenangkan bagi banyak orang.  Di hari libur seseorang tidak perlu melakukan aktivitas rutin sebagaimana mestinya di hari-hari biasanya.  Jika sedang libur, seseorang tidak dapat melakukan aktivitas rutin harian seperti sekolah, kuliah, kerja, dan lain sebagainya.  Kecuali memang orang-orang yang tertentu yang memiliki jadwal aktivitas rutin di hari libur.  Ada sebagian orang yang harus bekerja di hari libur dan ada pula sebagian orang yang kuliah atau sekolah di hari libur.

Pada saat libur biasanya orang-orang melakukan sesuatu hal yang berbeda dari biasanya, seperti pergi berlibur, pergi berkunjung ke tempat saudara, berbelanja, berolahraga, bermalas-malasan, menonton film, jalan-jalan di mall, beribadah sesuai ajaran agama, dan lain sebagainya yang dapat menghabiskan banyak waktu seharian.  Hari libur adalah saat di mana kegiatan yang membutuhkan waktu lama dapat dilakukan tanpa terganggu oleh aktivitas rutin sehari-hari pada umumnya.

Contoh Beberapa Hari Libur / Musim Liburan yang Ada di Indonesia

1. Liburan Sekolah Anak-Anak
2. Libur Lebaran Idul Fitri
3. Hari Libur Kejepit Nasional (Tergantung Kebijakan Pemerintah)
4. Hari Libur Nasional
5. Hari Libur Biasa (Hari Minggu)
6. Hari Libur Cuti Bersama

Kaitan antara Hari Libur dan Traffic Pengunjung Situs Web di Indonesia

Saat libur, banyak orang yang tidak lagi melakukan aktivitas harian yang sama dengan hari-hari biasanya.  Termasuk dalam hal aktivitas di dunia maya alias internet, banyak orang yang untuk sementara waktu tidak mengakses internet kecuali internet sosial media yang digunakan untuk kegiatan komunikasi sehari-hari.  Kebiasaan orang Indonesia yang senang berchatting ria lewat sosial media memang merupakan alasan penyebab mengapa banyak sosial media luar negeri yang kebanjiran pengguna yang berasal dari Indonesia.

Untuk situs-situs jejering sosial atau sosial media, mungkin hari libur tidak begitu berpengaruh besar terhadap jumlah penggunanya dari Indonesia.  Namun untuk website / situs web dan blog non sosial media sudah tentu akan mengalami jumlah penurunan jumlah pengunjung atau traffic yang cukup signifikan.  Di hari sabtu dan minggu saja penurunan yang cukup lumayan biasanya terjadi.  Biasanya traffic website atau blog akan mengalami penurunan yang berkepanjangan saat liburan sekolah dan liburan lebaran idul fitri.  Hari lebaran biasanya merupakan titik terendah penurunan jumlah pengunjung website atau blog di Indonesia.  Hal ini biasanya juga terjadi di website atau blog lainnya secara umum.

Sumber data : Traffic Www.Organisasi.Org

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Pengaruh Musim Liburan Terhadap Jumlah Pengunjung Website/Blog Internet"

Poskan Komentar