Penjelasan / Arti Minum Obat Sebelum Makan

Pada waktu kita ingin minum obat terkadang kita menemukan petunjuk bahwa obat yang akan dikonsumsi harus diminum sebelum makan.  Walau pun terlihat sederhana, ternyata minum obat sebelum makan memiliki arti yang mungkin saat ini tidak banyak diketahui oleh masyarakat umum.  Minum obat sebelum makan memiliki pengertian yang tidak sembarangan.  Bukan hanya sekedar minum obat beberapa saat sebelum makan saja.

Arti minum obat sebelum makan yang paling tepat adalah meminum obat dengan jarak satu jam sebelum makan atau dua jam setalah makan.  Jika seseorang ingin minum obat yang syaratnya adalah harus dikonsumsi sebelum makan, maka orang tersebut harus mengingat kapan terkahir kali ia makan.  Jika sudah dua jam atau lebih maka obat bisa diminum.  Akan tetapi jika belum dua jam setelah makan makanan terakhir maka harus dibulatkan dulu dengan menunggu hingga genap dua jam setalah mengkonsumsi makanan terakhir.

Setelah minum obat yang diharuskan diminum sebelum makan pun juga harus puasa tidak boleh makan selama satu jam.  Hal tersebut dikarenakan agar tidak ada makanan yang mengganggu penyerapan obat di dalam sistem pencernaan pasien.  Jadi, obat diminum setalah perut benar-benar kosong dan kemudian obat dimasukkan di dalam sistem pencernaan yang kosong agar bisa bereaksi secara maksimal.  Dengan begitu maka janganlah kita minum obat sebelum makan kemudian langsung makan sebelum batas waktu satu jam berakhir.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Penjelasan / Arti Minum Obat Sebelum Makan"

Poskan Komentar