Pentingnya Membersihkan Sisa Air Kencing dan Kotoran Saat Cebok

Setelah buang air kecil dan buang air besar usahakan untuk membersihkan bekas sisa-sisa air seni atau kotoran dengan sempurna.  Saat ini banyak wc atau toilet modern yang kurang memperhatikan masalah kebersihan cebok setelah buang air.  Air bersih dihemat sedemikian rupa sehingga pengguna wc / toilet mengalami kesulitan untuk bercebok dengan baik.  Padahal cebok dengan air yang baik setelah buang air adalah sesuatu hal yang penting bagi kesehatan dan juga dalam hal ibadah umat muslim.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa air pipis dan pup manusia adalah sebagian najis yang harus dihindari ketika orang Islam hendak beribadah.  Karena itulah cebok merupakan sesuatu hal yang penting untuk diperhatikan agar ibadah-ibadah yang membutuhkan kesucian diri dalam terlaksana dengan baik sesuai dengan ajaran agama Islam.  Bisa jadi ibadah kita ditolak oleh Allah SWT hanya karena kita lalai dalam mensucikan bekas sisa-sisa buang air kita.

Dalam kaitannya dengan kesehatan, cebok yang tidak bersih bisa mendatangkan masalah kesehatan seperti masalah kulit, masalah kelamin dan juga masalah sistem eksresi kita.  Cebok yang tidak bersih juga akan menjadikan bagian tertentu tubuh kita menjadi bau tidak sedap karena masih adanya sisa kotoran yang menempel.  Orang lain pun tentu saja akan merasa jijik jika mengetahui bahwa aktivitas buang air kita dilakukan dengan cara yang tidak baik.

Pada dasarnya urusan cebok-mencebok harus memenuhi persyaratan berikut ini, yaitu :
1. Dibersihkan Sampai Bersih Benar
2. Menggunakan Air Suci dan Mensucikan
3. Tidak Mengenai Bagian Tubuh Lain atau Pakaian yang Dikenakan
4. Membersihkan WC / Toilet dengan Baik untuk Pengguna Berikutnya.

Dengan begitu diharapkan tidak ada lagi penyelenggaran wc umum atau toilet umum yang pelit terhadap air bersih sehingga menyulitkan penggunanya untuk membersihkan orang tubuhnya dari sisa air kencing atau kotoran bab.  Selain itu diharapkan mulai terbentuknya kesadaran untuk bercebok yang bersih dan sesuai dengan ajaran agama masing-masing demi kebaikan diri sendiri maupun orang lain yang ada di sekitar kita.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Pentingnya Membersihkan Sisa Air Kencing dan Kotoran Saat Cebok"

Poskan Komentar