Penyesalan yang Pasti Dialami Semua Orang di Dunia

Bagi orang-orang yang selalu mendapatkan nasib beruntung dalam kehidupannya di dunia tentu rasanya sulit kita percaya bahwa orang tersebut akan merasa menyesal atas hidupnya tersebut.  Tidak hanya orang beruntung saja, orang yang biasa-biasa dan melarat pun akan mengalami penyesalan hidup yang amat sangat.  Semua orang, baik anda maupun saya pun juga akan ikut turut menyesali atas apa yang telah kita perbuat selama kita ada di dunia ini.

Mengapa bisa demikian?  Setelah kita meninggal dunia kita akan ditunjukkan berbagai perbuatan yang telah kita lakukan selama hidup kita di dunia.  Orang yang memiliki amal perbuatan baik yang banyak pun akan menyesal karena semasa hidupnya tidak berbuat baik lebih banyak dan lebih ekstrim dari yang telah dilakukannya.  Orang yang memiliki amal perbuatan buruk yang banyak pun juga akan menyesal kenapa dirinya tidak melakukan perbuatan baik sebanyak mungkin ketika ia dulu hidup di dunia.  Bahkan ada orang-orang yang menyesal hidup sebagai manusia sehingga berharap dahulu ia menjadi tanah.

Kebaikan sekecil apa pun akan mendapatkan balasan dari Allah SWT.  Begitu pun juga dengan keburukan pasti akan dibalas oleh Allah SWT.  Ketika di akhirat nanti seseorang mendapatkan surga barulah mungkin ia akan merasa tenang.  Namun jika seseorang mendapatkan siksa neraka maka penyesalan akan terus menghinggapi orang tersebut semenyesal-menyesalnya.  Namun semua yang terjadi tidak bisa diubah lagi karena jika sudah meninggal dunia maka tidak ada lagi kesempatan untuk memperbaiki diri.

Hanya kita yang masih hidup di dunia yang bisa memperbaiki diri dengan penyesalan di awal.  Menyesal di awal saat masih hidup sekarang ini tentu jauh lebih baik daripada penyelasan di akhir nanti setelah memasuki alam kubur.  Jadilah orang Islam (Muslim) yang kaffah dan hanif serta istikomah saat ini juga karena hidup ini hanyalah sebatas ujian saja.  Kehidupan akhirat yang kekal selama-lamanya menanti kita, baik cepat maupun lambat.  Selamat memperbaiki diri anda, semoga sukses setelah anda mati nanti.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Penyesalan yang Pasti Dialami Semua Orang di Dunia"

Poskan Komentar