Perilaku/Perbuatan Buruk Perokok Kepada Orang Lain di Sekitarnya

Seorang perokok biasanya memiliki kecenderungan untuk merokok di mana pun dia menginginkannya.  Di tempat-tempat umum kita biasanya dengan mudah dapat melihat orang-orang yang sedang merokok dengan santai tanpa merasa bersalah.  Bahkan di dekat anak-anak pun seorang perokok terkadang tetap merokok seakan-akan hanya dirinya saja yang akan mendapatkan berbagai efek negatif dari rokok yang dihisapnya.  Ada banyak hal buruk yang secara langsung mau pun tidak langsung berpengaruh kepada orang-orang yang berada dekat dengan perokok aktif.

Beberapa Pengaruh Buruk Orang yang Merokok Pada Orang-Orang yang Ada di Sekitarnya :

1. Menebarkan Teror Asap Rokok

Setiap perokok pasti akan menyemburkan asap ke udara.  Sangat sulit sekali bagi orang yang merokok untuk tidak menghasilkan asap dan bau tak sedap yang mencemari udara bebas.  Asap rokok yang mengandung racun akan tersebar ke berbagai arah jika tidak ada angin.  Orang yang ada di sekitar perokok pada umumnya akan mencium bau sangit dari asap rokok yang dihasilkan dari asap rokok yang dihisap perokok maupun dari rokok yang terbakar.  Racun rokok secara otomatis akan dengan sigap mengkontaminasi orang-orang yang tidak beruntuk yang saat itu berada dekat dengan orang yang sedang merokok.

2. Sampah Puntung Rokok, Bara Rokok dan Abu Rokok

Limbah padat yang dihasilkan oleh perokok adalah sampah puntung rokok, bara api rokok dan juga abu rokok.  Terkadang seorang perokok dengan enteng membuang puntung rokok yang sudah dihisapnya di sembarang tempat.  Ada yang mematikan dulu rokok yang dibuang dan ada pula yang langsung membuang begitu saja rokok yang masih aktif menyala.  Rokok yang dibuang dan menyala akan masih menyisakan api bara yang panas yang dapat melukai orang yang secara tidak sengaja menginjaknya atau mengenainya tanpa proteksi yang memadai.  Abu rokok pun juga dapat tersebar ke mana-mana yang biasanya enggan dibersihkan tuntas oleh pelakunya.

3. Polusi Suara Batuk, Reak dan Ludah

Salah satu bagian tubuh dalam perokok yang biasanya rusak karena asap rokok adalah paru-paru.  Jika paru-paru mengalami gangguan kesehatan bisa menyebabkan seorang perokok menjadi batuk-batuk.  Batuk akan menghasilkan suara yang dapat mengganggu kenyamanan dan ketenangan orang lain.  Pada saat batuk tersebut kadangkala menghasilkan reak atau lendir yang keluar dari tenggorokan.  Reak yang dihasilkan oleh orang yang merokok tersebut acap kali dibuang sembarangan di tempat umum sehingga akan merusak pemandangan dan juga dapat menyebarkan penyakit yang ada di dalam reak tersebut kepada orang lain yang tidak berdosa.

4. Bau Mulut Tak Sedap

Bau mulut perokok biasanya sangat tidak enak.  Orang yang berada dekat dengan orang yang merokok pada umumnya akan terganggu dengan aroma tidak sedap yang keluar dari mulut perokok.  Terlebih lagi jika harus berbicara dengan perokok aktif, biasanya orang yang menjadi lawan bicara harus dapat menahan nafas ketika mulai mencium aroma sangit rokok yang sangat tidak sedap di hidung.

5. Menyedot Anggaran Kesehatan Pemerintah

Orang yang merokok biasanya rentan terkena penyakit yang berbahaya seperti penyakit jantung koroner, stroke, impotensi, gangguan kehamilan maupun janin, dan lain-lain.  Jika sudah sakit maka sebagian perokok akan berobat di tempat-tempat yang pasiennya diberi subsidi kesehatan oleh pemerintah.  Sungguh merupakan pemborosan yang sebenarnya bisa dihindari jika pemerintah tegas melarang warganya merokok dengan alasan apa pun.  Dana subsidi tersebut alangkah baiknya jika dialihkan ke hal-hal penting lainnya yang butuh segera diatasi.

Itulah beberapa hal negatif yang secara langsung maupun tidak langsung dilakukan oleh seorang perokok.  Seorang perokok aktif sudah pasti tidak akan peduli dengan efek dampak buruk yang ditimbulkannya karena seorang perokok harus selalu merokok secara rutin agar tidak sakaw rokok.  Perokok akan tersiksa jika ingin merokok namun rokok tidak tersedia pada dirinya.  Seorang perokok akan rela tidak makan demi mendapatkan asap rokok yang mengandung zat candu nikotin.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Perilaku/Perbuatan Buruk Perokok Kepada Orang Lain di Sekitarnya"

Posting Komentar