Perkataan / Ucapan yang Tidak Baik dan Tidak Bermanfaat

Manusia memiliki mulut yang dapat digunakan untuk mengucapkan perkataan-perkataan.  Di antara kata-kata manusia tersebut terdapat kata-kata yang baik dan juga kata-kata yang buruk.  Agar tetap dapat menjaga hubungan baik dengan sesama, hendaknya setiap manusia selalu menjaga lisannya dengan selalu mengucapkan perkataan yang baik.

Walaupun kebanyakan manusia tahu bahwa secara umum manusia menyukai perkataan yang baik lagi bermanfaat, tetap saja ada banyak orang yang gemar mengucapkan kata-kata yang tidak baik dan juga tidak bermanfaat.  Tentu saja, kebiasaan buruk berupa lisan yang kotor dapat menyebabkan tidak sehatnya atau rusaknya hubungan baik dengan manusia yang lain.  Ada banyak contoh kata-kata atau ucapan yang sebaiknya ditinggalkan.

Macam / Jenis Ucapan, Perkataan, Pembicaraan, Obrolan, Omongan yang Tidak Baik dan Tidak Bermanfaat :

1. Berkata Kotor

2. Menceritakan Kejelekan Orang Lain

3. Melakukan Provokasi

4. Menceritakan Aib Diri Sendiri

5. Membuat Fitnah

6. Kebohongan / Kedustaan

7. Melebih-Lebihkan Sesuatu / Membual

8. Janji yang Sulit Ditepati

9. Berbicara di Saat yang Tidak Tepat

10. Membicarakan Sesuatu yang Tidak Bermanfaat

---

Apabila tidak dapat mengucapkan yang baik-baik atau yang bermanfaat bagi sesama sebaiknya diam dan berbicara seperlunya.  Diam akan menjadi pilihan yang terbaik ketika bicara hanya menambah dosa saja.  Diam bukan berarti tidak melakukan apa-apa.  Diam bisa dimanfaatkan untuk menganalisa dan kemudian mengambil keputusan terbaik akan sesuatu hal.  Apabila sebagian besar orang melakukan hal ini, maka kehidupan di dunia akan menjadi lebih baik.  Terima kasih.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Perkataan / Ucapan yang Tidak Baik dan Tidak Bermanfaat"

Posting Komentar