Pilih Teman yang Baik-Baik Saja Jangan yang Jahat

Jika kita ingin hidup kita adalah hidup yang baik maka salah satu hal penting yang perlu kita perhatikan adalah urusan pertemanan kita.  Penting untuk kita evaluasi lagi hubungan kita dengan teman-teman kita apakah merupakan hubungan pertemanan yang baik atau hubungan pertemanan yang tidak baik.  Sejak sedini mungkin kita harus melakukan antisipasi dalam hal pemilihan teman baik agar tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan di masa depan.

Terhadap teman-teman kita yang sudah baik tentu kita harus lanjutkan hubungan tersebut jangan sampai terputus begitu saja tanpa kejelasan kelanjutannya.  Bila perlu sering-seringlah melakukan silaturahim dengan teman-teman kita yang baik-baik secara rutin.  Dengan begitu kita tidak akan dilupakan oleh kawan-kawan kita yang baik.  Bila memungkinkan maka tambahlah perbendaharaan kawan kita dengan kawan baru yang berasal dari orang-orang sholeh dan sholehah.

Apabila saat ini punya teman-teman yang tidak baik maka sebaiknya kita mulai membatasi gerak dengan mereka.  Hal ini disebabkan karena kawan yang buruk bisa menyeret kita kepada keburukan pula.  Tentunya apabila kita ingin selamat maka hendaknya kita mulai menjaga jarak dengan mereka.  Jika mereka sudah mulai parah, maka sebaiknya tinggalkan saja mereka.  Namun sebelum ditinggalkan hendaknya kita berikan nasihat dulu secara baik-baik agar mereka sadar dan mau berubah menjadi orang yang lebih baik.  Mudah-mudahan dengan begitu kita bisa terhindar dari malapetaka yang timbul karena berteman dengan orang-orang yang tidak baik.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Pilih Teman yang Baik-Baik Saja Jangan yang Jahat"

Posting Komentar