Sesuatu Hal yang Tidak Boleh Dirahasiakan / Menjadi Rahasia

Rahasia adalah sesuatu hal yang disembunyikan dari orang lain.  Sesuatu yang bersifat rahasia dijaga dengan baik-baik agar tidak diketahui oleh orang lain.  Rahasia bisa berupa perkataan maupun benda.  Rahasia bisa dimiliki dan diketahui oleh hanya satu orang saja atau pun juga bisa diketahui oleh lebih dari satu orang.  Terkadang rahasia yang dipegang oleh seseorang maupun lebih dari satu orang diketahui secara umum oleh banyak orang.

Dalam dunia rahasia-rahasiaan terdapat rahasia yang tidak baik untuk dirahasiakan.  Sesuatu yang tidak baik dirahasiakan bisa membawa dampak yang tidak baik apabila tetap dirahasiakan kerahasiaannya.  Oleh sebab itu hendaknya kita menimbang baik buruk suatu rahasia apabila tetap dirahasiakan.  Salah-salah bukannya hal positif yang kita dapatkan, malah hal negatif yang kita dapatkan.

Beberapa Rahasia yang Tidak Baik Untuk Dirahasiakan atau Disembunyikan :

1. Suami / Istri Rahasia

Jika punya pasangan hidup alias isteri atau suami sebaiknya tidak ditutup-tutupi dari orang-orang yang ada di sekitar kita.  Merahasiakan suami atau istri bisa menyebabkan prasangka buruk atau fitnah yang bisa berujung keburukan pada pasangan suami isteri yang merahasiakan hubungannya.

2. Penyakit / Gangguan Kesehatan pada Petugas Medis

Apabila punya penyakit sebaiknya jangan dirahasiakan di depan dokter, mantri, perawat, apoteker, dan lain sebagainya.  Ceritakan baik-baik masalah yang dikeluhkan termasuk gejala dan rasa tidak biasa yang dirasakan.  Jangan dikurang-kurangi dan tidak pula dilebih-lebihkan agar petugas medis dapat menyimpulkan tindakan yang akan diberikan kepada kita.  Salah mendiagnosa penyakit mungkin bisa saja menyebabkan masalah kesehatan yang lebih serius.

3. Merahasiakan Sesuatu yang Membahayakan

Sesuatu yang berpotensi menimbulkan bahaya kepada orang-orang yang ada di sekitar kita sebaiknya jangan ditutup-tutupi.  Misalnya seperti tidak memberitahukan orang lain bahwa ada aliran listrik di pagar, ada hewan buas yang terlepas di taman, ada jebakan yang dapat mencelakakan orang, ada orang jahat yang sedang merencanakan aksi jahatnya, dan lain sebagainya.  Jangan pula merahasiakan sesuatu yang sangat dibutuhkan oleh orang-orang di sekitar kita.  Contohnya seperti tidak memberitahukan letak sumber air bersih saat sedang kekeringan air, merahasiakan cara terhindar dari sesuatu yang berbahaya, dan lain-lain.

4. Menyimpan Ilmu yang Bermanfaat

Orang yang memiliki ilmu yang dapat membawa kebaikan kepada antar sesama manusia sebaiknya jangan disimpan untuk diri sendiri saja.  Bagikan ilmu yang telah dipelajari atau dikuasai kepada orang lain.  Buat buku, blog, website, bulletin, tulisan, catatan, pengajaran, kursus, les, bimbingan, nasihat, dan lain sebagainya yang ditujukan kepada orang lain yang membutuhkannya.  Ilmu yang bermanfaat hasil penyampaian kita dapat menjadi bekal pahala jangka panjang yang mungkin bisa kita dapatkan walaupun kita sudah meninggal dunia.

5. Menyembunyikan Rahasia dengan Membuat Kebohongan

Berbohong untuk menjaga rahasia adalah suatu perbuatan yang buruk dan hendaknya tidak dilakukan.  Lebih baik membuka rahasia yang bersifat tidak begitu penting, mengalihkan perhatian penanya rahasia atau dia saja berlaga tidak tahu apa-apa daripada harus berkata dusta.  Sekali berkata bohong maka kita harus melakukan kebohongan demi kebohongan berikutnya di masa yang akan datang.

Itulah beberapa hal yang hendaknya tidak kita tutup-tutupi atau kita rahasiakan demi kebaikan kita bersama.  Mudah-mudahan bisa membawa kebaikan yang optimal untuk kita semua.  Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel tulisan di blog yang sederhana ini, sampai jumpa lagi di lain kesempatan.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Sesuatu Hal yang Tidak Boleh Dirahasiakan / Menjadi Rahasia"

Poskan Komentar