Sistem Pemerataan Kesejahteraan Orang Miskin dan Orang Kaya

Di dalam kehidupan masyarakat yang berlandaskan Islam, orang-orang yang kalah bersaing seperti orang miskin, orang fakir, orang yang banyak hutang, dan lain sebagainya diberikan rezeki Allah SWT lewat tangan-tangan orang yang memiliki kelebihan harta.  Dengan demikian akan terjadi sebuah kondisi yang sangat kondusif di mana orang kaya akan selalu membantu orang-orang yang kurang beruntung dalam ekonomi.

Dengan adanya zakat seharusnya menjadi sebuah cara untuk mengatasi kemiskinan di dalam masyarakat.  Dengan adanya dana zakat maka orang-orang miskin dan orang-orang fakir bisa terbantu pemenuhan kebutuhan primernya dan orang yang berhutang bisa dibantu pelunasan hutangnya dari dana zakat yang terkumpul pada amil zakat.  Itulah sistem yang sejatinya mampu membuat orang-orang miskin dan fakir tidak bersedih hati dan khawatir terlalu dalam akan kondisi yang dialaminya saat ini.

Dengan adanya sedekah maka orang fakir dan orang miskin dapat mengembangkan dirinya dengan pemenuhan kebutuhan sekunder dan melakukan usaha-usaha yang menghasilkan.  Tentunya juga harus diberikan semacam bimbingan agar bisa lepas dari statusnya sebagai orang miskin dan orang fakir.  Itulah sebabnya mengapa Allah SWT menyuburkan sedekah dan memusnahkan riba.  Jika sedekah menjadi suatu hal yang luar biasa dalam masyarakat maka praktek-praktek riba dapat sulit untuk tumbuh dan berkembang.

Namun saat ini terjadi kondisi yang tidak sesuai dengan harapan kita bersama.  Banyak orang yang lalai dalam pembayaran zakatnya.  Ada juga amil yang kurang mampu mengelola dana zakat, infak dan sedekah yang diterimanya sehingga tidak maksimal dalam membantu fakir miskin dan juga mustahik lainnya.  Sedekah pun juga kurang optimal efeknya karena lebih bersifat pada pemenuhan kebutuhan pokok saja.  Jika sedekah lebih menitikberatkan pada penguatan mata pencaharian fakir miskin tentu akan jauh lebih baik lagi karena fakir miskin diharapkan dapat mencari penghidupan atau penghasilannya sendiri.  Itulah sebuah sistem yang cantik yang merupakan jawaban dari masalah kemiskinan yang terjadi pada saat ini di dunia.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Sistem Pemerataan Kesejahteraan Orang Miskin dan Orang Kaya"

Poskan Komentar