Tanda / Ciri-Ciri Curhat yang Tidak Baik / Tidak Benar (Salah)

Curahan hati atau curhat adalah menceritakan suatu permasalahan yang terjadi pada diri seseorang kepada orang lain.  Curhat biasanya dilakukan seseorang untuk mencari solusi dari suatu masalah yang dihadapi, atau sekedar ingin mengurangi tekanan jiwa yang dirasakan.  Namun terkadang curhat dilakukan untuk mencapai tujuan lain, seperti untuk melakukan pendekatan terhadap lawan jenis, untuk menyebarkan keburukan orang lain, dan lain sebagainya.  Curhat apabila dilakukan dengan baik dapat mendatangkan kebaikan pada diri seseorang.

Masalahnya adalah tidak semua orang tidak memahami hakikat curhat yang baik.  Curhat yang dilakukan terkadang justru dapat menimbulkan masalah yang baru.  Sisi emosional yang kental pada diri orang yang curhat biasanya dapat mengurangi akal sehat yang ada.  Di saat-saat tertentu saat gundah galau sedang melanda, seseorang mungkin bisa saja melakukan hal-hal yang tidak baik ketika curhat.  Oleh sebab itu, seseorang harus bisa memahami dengan baik hal-hal yang tidak baik dilakukan saat curhat agar terhindar dari segala keburukan yang mungkin bisa saja terjadi.

Ciri-Ciri / Tanda Curhat yang Buruk / Tidak Baik :

1. Menceritakan aib / keburukan diri sendiri kepada orang lain

2. Menceritakan aib / keburukan orang lain kepada orang lain

3. Melakukan curhat kepada orang yang tidak dapat membantu memberikan solusi

4. Bercurhat ria hanya untuk menjelek-jelekkan orang lain

5. Curhat dengan lawan jenis yang bukan muhrim / mahram

6. Memilih tempat curhat di tempat ramai sehingga pembicaraan dapat didengar orang lain

7. Curhat kepada orang yang baru dikenal yang tidak jelas baik buruknya

8. Curhat yang mengganggu atau membebani orang lain yang dicurhati

9. Melakukan curhat untuk mencari solusi dalam melakukan perbuatan buruk / jahat

10. Curhat yang tidak serius dan yang dibubuhi dengan kebohongan / kedustaan

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan saat melakukan curahan jiwa alias curahan hati kepada orang lain.  Jika dilanggar mungkin hal tersebut dapat membawa anda kepada permasalan yang baru.  Jika anda dapat mengatasi masalah yang anda hadapi seorang diri tanpa bantuan orang lain, maka hindarilah curhat.  Curhat hanya cocok untuk orang-orang yang menemukan kesulitan dalam menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi.  Curhat memiliki potensi bahaya yang cukup besar, baik bahaya di dunia maupun bahaya di akhirat akibat melanggar ajaran agama.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Tanda / Ciri-Ciri Curhat yang Tidak Baik / Tidak Benar (Salah)"

Posting Komentar