Tanda / Ciri Orang yang Sedang Sakit (Kurang Sehat)

Orang yang mengaku sehat belum tentu benar-benar sehat keadaan fisiknya.  Terkadang seseorang berlaku layaknya seperti orang yang sehat walaupun dirinya sedang sakit yang membutuhkan perhatian karena berbagai alasan.  Untuk itulah ada baiknya kita mengetahui beberapa ciri orang yang sakit agar kita bisa memberikan nasehat dan masukan agar orang yang sedang sakit tidak bertambah parah penyakit yang dideritanya.

Beberapa Tanda, Gejala, Ciri-Ciri Orang yang Sedang Sakit (Tidak Sehat) :

1. Wajah yang Terlihat Pucat

Orang yang sedang sakit bisa kita deteksi kesakitannya dengan melihat tingkat kepucatan wajahnya.  Jika wajahnya terlihat pucat yang berbeda jauh dari hari-hari biasanya, maka ada kemungkinan besar orang tersebut sedang mengalami masalah kesehatan baik secara fisik maupun mental.

2. Tubuhnya Lemah (Kurang Bertenaga)

Orang yang sedang sakit biasanya kurang bergairah untuk melakukan berbagai kegiatan yang akan dilakukan, baik yang rutin maupun yang tidak rutin.  Hal ini disebabkan oleh tubuh yang terasa lemas, lesu, kurang tenaga sehingga cenderung untuk mengambil posisi diam, duduk, atau bahkan tiduran.

3. Penurunan Daya Konsentrasi

Tubuh yang lemah kurang fit pada umumnya sangat berpengaruh terhadap tingkat konsentrasi orang yang sedang sakit.  Tubuh yang lemah kurang tenaga membuat orang yang sedang sakit ingin selalu beristirahat.  Selain itu secara psikis, seseorang yang sedang mengalami sakit secara otomatis akan memikirkan pulang, istirahat, tidur, pergi ke dokter, minum obat, dan lain sebagainya.

4. Menghindari Pekerjaan / Aktivitas yang Berat

Apabila diberikan tugas yang berat-berat maka jika orang yang sedang sakit tersebut tidak terpaksa maka akan berusaha menghindari atau menolak pekerjaan tersebut.  Orang yang dalam keadaan sakit cenderung memilih pekerjaan yang ringan-ringan.

5. Kurang Nafsu Makan

Orang yang sedang sakit bisa saja mengalami penurunan nafsu makan.  Rasanya ingin makanan makanan tertentu saja atau bahkan tidak ingin makan sama sekali karena merasa enek dan mual jika makan.  Atau bisa juga tidak menghabiskan makanan yang sedang dimakannya dari yang biasanya lahap makannya.

6. Bersikap Aneh dari Biasanya

Orang yang sedang menderita sakit yang cukup serius tentu saja akan memperlihatkan gelagat yang tidak seperti biasanya dalam kehidupannya sehari-hari.  Mungkin saja hal ini tidak akan terlihat jika penyakitnya tidak terlalu serius.  Perubahan yang terlihat bisa dilihat dari gerakan tubuh, cara berbicara, mimik wajah, cara melakukan sesuatu hal, dan lain-lain.

----

Orang yang sedang sakit hendaknya tidak melakukan aktivitas yang berat-berat serta memeriksakan dirinya ke dokter.  Suatu penyakit yang terlihat sepele bisa saja ternyata merupakan suatu penyakit berat yang berbahaya bagi manusia.  Sebagai orang yang baik tentu sebaiknya kita menyarankan hal-hal yang baik kepada orang yang ada di sekitar kita salah satunya dengan menyarankan untuk mengambil istirahat dan memeriksakan diri ke dokter.  Saling peduli merupakan salah satu kunci sukses dari hubungan bermasyarakat yang baik.  Semoga bermanfaat untuk semua, terima kasih.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Tanda / Ciri Orang yang Sedang Sakit (Kurang Sehat)"

Posting Komentar