Tips Cara Membeli/Memilih Sepatu Alas Kaki Untuk Dipakai Sendiri

1. Pilih dan Beli Sepatu Merek Yang Terpercaya

Dalam memilih sepatu sebaiknya jangan memilih nama produk yang baru dan belum banyak informasi tentang produk tersebut untuk memperkecil resiko membeli sepatu yang bermutu buruk. Memilih sepatu yang sudah terbukti kualitas dan disukai banyak orang akan memperbesar peluang mendapatkan produk sepatu yang baik.

2. Beli Di Tempat Yang Terpercaya

Kadang-kadang ada produk yang memiliki merek terkenal, namun sebenarnya palsu bukan buatan pabrik aslinya. Toko-toko yang terkenal biasanya membeli langsung dari pabrik yang asli atau suplier yang ditunjuk untuk menghindari mendapatkan produk aspal dengan mutu yang rendah.

3. Teliti Barang Sebelum Membeli

Ada toko sepatu yang tidak boleh menukar atau membatalkan sepatu yang telah dibeli oleh konsumen sehingga mau tidak mau kita harus waspada penuh dengan teliti sebelum membeli sepatu. Lihat-lihat dengan seksama tiap bagian sepatu apakah ada yang cacat atau tidak. Periksa bagian jahitan dan lem apakah ada yang lepas atau mencair. Uji fisik sepatu secara ringan dengan sedikit menekuk-nekuk sepatu, menggaruk-garuk kulit atau menepuk-nepuk di lantai untuk mengetahui ketahanan sepatu takut-takut sepatu sudah terlalu lama dan mengalami penurunan kualitas.

4. Coba Dulu Dipakai Dan Test Drive

Sangat penting untuk mencoba sepatu yang mau kita beli agar kita bisa merasakan apakah nyaman atau tidak memakai sepatu tersebut. Jangan sampai ada bagian dalam sepatu yang tidak rata, berjendol, mudah sobek, ada yang tajam-tajam, dan lain sebagainya.

5. Pilih Ukuran Yang Sedikit Longgar

Jika saat kita mencoba sepatu tidak menggunakan kaus kaki maka kita wajib memilih yang lebih longgar sedikit karena kaus kaki juga butuh ruang sehingga saat memakai kaos kaki nanti ukurannya bisa pas dengan kaki kita. Jangan membeli sepatu tanpa dicoba dan menentukan ukuran dari kebiasaan, karena bisa saja ukurannya sama tetapi ketika dipakai ternyata bisa tidak sesuai dengan ukuran kaki kita.

6. Pilih Sepatu Yang Sesuai Kebutuhan

Di toko terdapat banyak sekali jenis dan model sepatu yang dapat kita pilih. Jangan terkecoh dengan sepatu-sepatu yang bagus, karena sepatu yang bagus belum tentu sesuai dengan yang kita butuh. Jika kita butuh sepatu formal hitam, ya belilah sepatu formal hitam dengan model yang sederhana, tidak terlalu trendy, apalagi modelnya mengarah ke sepatu sport atau tujuan lainnya yang cukup menghilangkan kesan sepatu formal.

7. Jangan Terlalu Terpengaruh Diskon Atau Promosi

Sepatu yang sedang promo atau discount bisa saja barang lama yang sudah tidak laku dijual atau ada sedikit cacat, sehingga perlu ekstra hati-hati dalam menganalisa sepatu. Jika memang kondisinya baik dan sesuai dengan apa yang kita butuhkan boleh-boleh saja kita beli, tetapi jika terindikasi ada yang tidak beres sebaiknya jangan dilanjutkan dan pilih sepatu yang tidak promosi.

8. Pilih Yang Awet, Mudah Dirawat dan Dibersihkan

Buat apa membeli sepatu jika gampang rusak, butuh biaya perawatan besar, sulit dibersihkan sendiri, sulit diperbaiki atau bahkan tidak bisa diperbaiki karena tidak ada suku cadang di tempat perbaikan service sepatu. Model yang biasa-biasa saja alias pasaran biasanya mudah dirawat dan diperbaiki di tukang sol sepatu keliling dan tempat servis sepatu modern.

9. Sesuaikan Dengan Kondisi Keuangan dan Kemampuan

Maksud dari penyesuaian ini adalah tidak mengabaikan keadaan ekonomi dan kondisi lingkungan. Beli sepatu yang harganya terjangakau dan jangan cari gengsi saja karena sepatu mahal kalau hilang dicuri orang bisa buat stress. Jika punya sepatu mahal tetapi kita tidak mampu merawat atau mudah rusak akibat cuaca iklim yang ada maka sebaiknya pilih yang murah agar kalau rusak bisa beli lagi sepatu yang baru.

10. Ajak Yang Berpengalaman Di Dunia Sepatu

Jangan malu mengajak anggota keluarga atau teman yang punya banyak pengalaman membeli dan memakai beraneka ragam sepatu karena bisa jadi informasi yang dia berikan akan sangat membantu kita dalam menentukan sepatu yang akan dibeli. Bandingkan dengan informasi yang diberikan penjaga toko atau penjualnya. Lebih akurat lagi kalau kita cari informasi sepatu di komunitas internet agar kita tidak ragu dalam memilih sepatu terbaik untuk kita.

Selama mencoba semoga berguna bagi kita semua. Terima kasih.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Tips Cara Membeli/Memilih Sepatu Alas Kaki Untuk Dipakai Sendiri"

Posting Komentar