Tips Cara Membuat Makanan/Masakan yang Rasanya Tidak Enak Menjadi Enak di Lidah

Tidak semua orang yang bisa memasak itu bisa membuat makanan yang enak sesuai dengan selera kita. Jadi bisa saja ada makanan-makanan tertentu yang bagi kita tidak enak dan kita merasa tidak mau memakannya lagi. Namun untuk menghormati orang yang memasak untuk kita atau karena keadaan terpaksa lainnya kita pun merasa harus menghabiskannya. Memang hal tersebut akan menjadi suatu kondisi dilema yang sangat menyebalkan.

Makanan yang bagi orang lain enak namun tidak enak bagi kita juga menjadi penyebab kita tidak enak dengan orang lain yang sedang menikmati makanan tidak enak tersebut. Demi menghormati dan menghargai perasaan orang lain kadang mau tidak mau kita memaksakan diri memakan makanan atau masakan yang kita tidak doyan tersebut. Pilihannya hanya memaksakan diri makan makanan tidak enak tersebut, tidak melanjutkan makan atau mencoba cara lain agar makanan itu bisa terasa lebih enak.

Berikut ini adalah beberapa cara untuk memanipulasi rasa makanan yang tidak kita sukai (tidak doyan) menjadi agak kita sukai :

1. Tambah Penyedap Rasa

Tidak selamanya bahan penyedap rasa ini bisa berhasil membuat makanan yang kurang enak jadi agak enak. Namun patut dicoba sesuai dengan insting kita dan berharap bisa berubah menjadi bisa dinikmati lidah kita. Penyedap rasa yang dimaksud misal seperti garam dapur, sambal, saos sambel, kecap, lada bubuk, wasabi, dan lain sebagainya.

2. Tambah Lauk yang Enak Rasanya

Untuk menyamarkan rasa yang tidak enak kita bisa mencoba menutupinya dengan makan dengan tambahan lauk yang enak rasanya sehingga rasa tidak enaknya tidak akan terlalu dominan lagi. Contoh lauk-pauk seperti ayam goreng, perkedel kentang, tempe bacem, abon sapi, cumi goreng tepung, telur dadar, dan lain-lain.

3. Makan Pakai Kerupuk

Kerupuk biasanya berhasil menyamarkan rasa kurang enak masakan menjadi enak seperti enaknya rasa kerupuk. Celakanya adalah apabila rasa dasar dari kerupuk yang memang tidak enak akan justru bisa memperparah rasa makanan yang sedang kita paksa makan tersebut. Ada berbagai macam jenis krupuk seperti kerupuk udang, kerupuk belat, kerupuk kulit, kerupuk pasir, kerupuk rambak, dan lain sebagainya.

4. Identifikasi yang Tidak Enak dan Singkirkan

Tidak semua bagian makanan yang tidak enak itu tidak enak, karena bisa saja ada penyebab yang membuat rasanya menjadi aneh misalnya seperti lauknya, sayurnya, kuahnya, dan lain sebagainya. Tidak memang demikian maka tinggal kita sisihkan saja yang tidak enak di pinggir piring agar bagian yang lain bisa dimakan sampai habis. Usahakan jangan terlalu terlihat banyak yang disisihkan dan tidak dimakan.

5. Manipulasi Otak dengan Membayangkan Yang Enak-Enak

Rasa itu adalah hasil persepsi otak kita saja sehingga kita bisa melawan rasa tidak enak dengan menciptakan ilusi rasa yang enak sekali, akan mendapat hadiah besar jika berhasil makan, akan disanjung orang jika berhasil habis dan berbagai manipulasi pikiran otak kita lainnya sesuai kemampuan kita.

6. Tahan Napas Ketika Makan dan Makanlah Dengan Cepat

Alternatif solusi jalan keluar yang lain adalah dengan tahan napas ketika makan makanan yang tidak disukai. Lakukan secara wajar agar orang lain tidak curiga namun dalam kecepatan yang lebih cepat dari biasa supaya bisa segera berakhir derita tersebut. Jangan terlalu memaksakan diri karena jika terlalu dipaksa justru bisa terjadi hal yang memalukan seperti muntah di depan umum.

Semoga tulisan singkat ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua. Jika ada tambahan silahkan salurkan partisipasi anda lewat kolom komentar di bawah ini. Terima kasih.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Tips Cara Membuat Makanan/Masakan yang Rasanya Tidak Enak Menjadi Enak di Lidah"

Posting Komentar