Tips Cara Mendapatkan Buku Pelajaran Sekolah/Kuliah Harga Murah atau Gratis Pinjaman

Pelajar dan mahasiswa yang mengalami kesulitan keuangan ataupun yang sedang ingin berhemat harus mencari cara memutar otak agar uang yang ada tidak habis untuk sekedar membeli buku materi pelajaran sekolah atau kuliah. Buku-buku yang ada biasanya hanya beberapa kali pakai saja karena dipakai hanya untuk belajar mata pelajaran atau mata kuliah tertentu saja. Setelah selesai sekolah atau kuliah pun buku-buku tersebut biasanya ditumpuk begitu saja di gudang atau di rak buku karena hidup di dunia nyata tidak terlalu banyak membutuhkan teori-teori rumit dari buku.

Jadi untuk apa membeli buku baru yang harganya mahal jika bisa mendapatkan yang jauh lebih murah atau bahkan gratis tanpa mengeluarkan uang sepeserpun. Uang yang berhasil ditabung pun bisa dimanfaatkan untuk hal-hal yang lebih bermanfaat seperti untuk membuka usaha, menambah modal usaha, membayar kuliah, sedekah, menyantuni anak yatim, membantuk anggota keluarga yang lain, dan lain sebagainya.

Jika ingin berhemat untuk urusan buku materi pelajaran sekolah atau kuliah anda bisa melakukan beberapa hal berikut ini :

1. Pinjam ke Orang Lain

Jika kita punya teman senior yang lebih dulu masuk ke sekolah atau jurusan kuliah yang sama kita bisa melakukan pendekatan agar bisa meminjam buku-buku materi sekolah atau materi kuliah yang telah lulus. Daripada buku menganggur tidak ada yang memakai maka lebih baik kita pinjam dan akan dikembalikan setelah lulus mata pelajaran tersebut atau jika suatu saat pemiliknya butuh.

2. Pinjam ke Perpustakaan

Daripada susah-susah lebih baik cari jalan pintas yang termudah yaitu pinjam ke perpustakaan sekolah, perpustakaan kampus atau perpustakaan umum yang ada di sekitar kita. Tapi masalah akan muncul jika ada banyak peminjam buku yang sama dengan kita sehingga jika terlambat maka kita tidak akan kebagian buku tersebut. Solusinya hanya harus datang pagi-pagi dan berjuang dalam persaingan sempurna untuk dapat meminjam buku tersebut di perpustakaan.

3. Patungan Dengan Teman

Kumpulkan saja sejumlah uang dengan teman-teman yang senasib dan sepenanggungan untuk dibaca bersama-sama secara adil. Yang paling baik adalah patungan dengan teman-teman yang tidak mengambil mata kuliah atau mata pelajaran yang terkait dengan buku tersebut secara bersamaan, atau juga dengan teman-teman dari sekolah/kampus yang berbeda-beda agar tidak terlalu banyak yang butuh buku tersebut di saat yang bersamaan.

4. Beli di Agen Buku Spesialis Buku Pelajaran Sekolah/Kuliah

Ada toko buku yang mengkhususkan diri menjual buku-buku pelajaran sekolah atau buku-buku pelajaran kuliah di luar sana. Tinggal kita cari informasi dan cari toko tersebut untuk membeli buku materi pelajaran original alias asli dengan harga miring yang lebih murah daripada di toko-toko buku biasa. Jangan lupa survey harga dulu agar bisa membedakan mana toko buku yang harga bukunya murah dan mana toko buku yang harga bukunya mahal.

5. Cari di Toko Buku Bekas

Tak ada buku baru, buku bekas pun jadi. Kita tinggal survey saja ke sentra-sentra atau pusat-pusat penjualan buku-buku bekas yang ada di kota tempat kita tinggal. Harga buku bekas biasanya jauh lebih murah daripada yang baru. Namun tetap harus kita survey harga buku yang baru agar tahu mana harga yang murah dan mana harga yang mahal.

Perhatian :
Sangat tidak disarankan untuk membajak hasil karya orang lain dengan melakukan fotokopi, softcopy bajakan, membeli buku palsu, dan lain sebagainya. Kita harus menghargai hasil karya lain dengan baik juka kita ingin dihormati dan dihargai orang lain.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Tips Cara Mendapatkan Buku Pelajaran Sekolah/Kuliah Harga Murah atau Gratis Pinjaman"

Posting Komentar