Tips Cara Membuat Pembantu Betah Bekerja di Rumah Kita

PRT (Pembantu Rumah Tangga) adalah orang yang membantu pekerjaan rumah tangga sehari-hari di rumah orang lain dengan imbalan tertentu sesuai dengan yang telah disepakati.  Pembantu bisa bekerja full time seharian menginap di rumah kita atau bisa juga part time hanya setengah hari tanpa menginap di rumah kita.  Pada umumnya orang menganggap rendah pembantu rumah tangga karena pekerjaannya dan juga karena kesulitan ekonominya.  Pada dasarnya pembantu juga manusia sama seperti kita sehingga untuk membuat pembantu senang bekerja di rumah kita dibutuhkan cara-cara tertentu, di antaranya adalah sebagai berikut di bawah ini.

Beberapa Hal yang Disukai Pembantu Rumah Tangga yang Membuat Betah Bekerja :

1. Dianggap Sebagai Keluarga Sendiri

Jangan mengucilkan pembantu hanya karena merasa pembantu tidak lebih baik dari diri kita.  Pembantu bisa saja memiliki banyak kelebihan jika dibandingkan dengan diri kita.  Pembantu juga manusia yang mempunyai perasaan.  Mereka akan senang jika dianggap seperti anggota keluarga juga.  Mereka pun akan bersedih hati jika selalu dianggap remeh atau rendah.  Anggaplah pembatu seperti keluarga jauh yang datang ke rumah kita untuk membantu kita mengurusi berbagai urusan kerumahtanggaan yang rumit.  Pembantu akan betah bekerja di rumah jika mendapatkan perlakuan yang baik dari majikan yang mempekerjakannya.

2. Tidak Membeda-Bedakan

Hendaknya kita tidak membeda-bedakan antara pembantu yang satu dengan yang lain.  Berikan perlakuan yang sama baiknya dan adil.  Begitu pun juga dengan keluarga kita harus dapat berlaku baik dan adil kepada pembantu rumah tangga yang membantu mereka.  Hindari memberikan pekerjaan yang berlebihan pada pembantu.  Berikan tugas-tugas yang tidak sampai membuat pembantu kita menjadi stress, kelelahan berat, dan lain sebagainya.

3. Imbalan yang Sesuai

Hindari memberi imbalan yang sangat rendah di bawah rata-rata dari imbalan yang berlaku secara umum di sekitar tempat tinggal kita.  Jika bisa berikan imbalan di atas standar yang berlaku di pasaran sehingga dapat membuat pembantu kita bekerja sepenuh hati kepada kita.  Jangan lupa memberikan tunjangan-tunjangan sesuai dengan kemampuan perusahaan.  Pembantu juga manusia yang butuh waktu senggang di kala sesi latihan.

4. Tidak Dilarang-Larang Jika Ingin Izin Pulang

Jika memang mengajukan alasan yang baik, maka izinkanlah pembantu kita pulang atau libur untuk sementara waktu.  Orang yang bekerja kantoran saja bisa libur, maka begitu pun pembantu rumah tangga perlu diberikan waktu libur yang cukup.  Persiapkan sejak awal pembantu-pembantu cadangan yang dapat dipanggil ketika dibutuhkan oleh kita.  Dengan begitu ketika pembantu mudik maka kita bisa mendapatkan tenaga bantuan tanpa kesulitan yang berarti.

5. Dibimbing Untuk Maju

Pembantu rumah tangga sudah pasti akan merasa bersemangat jika kita memberinya kesempatan untuk maju.  Ajari berbagai keterampilan sesuai minat dan bakat yang dimiliki pembantu kita.  Jika perlu daftarkan kursus, sekolah kejar paket, kuliah malam, dan lain sebagainya agar pembantu kita bisa terbuka wawasan dan cara berpikirnya.  Berikan modal secukupnya ketika pembantu kita hendak merintis suatu usaha.  Berikan arahan dan bimbingan yang baik sehingga bisa mengembangkan diri dan juga usahanya.  Jika usaha yang dirintis pembantu kita berhasil maju dan sukses, maka kita pun akan turut mendapatkan kebaikan-kebaikannya baik secara langsung maupun tidak langsung.  Lakukanlah hal ini tanpa pamrih dengan hanya mengaharapkan balasan yang baik dari Allah SWT.

Untuk sementara hanya beberapa poin di atas yang dapat saya sampaikan untuk membuat betah pembantu rumah tangga yang bekerja di rumah kita.  Mudah-mudahan tulisan yang singkat ini dapat memberikan kebaikan kepada kita semua, amin.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Tips Cara Membuat Pembantu Betah Bekerja di Rumah Kita"

Poskan Komentar