Tips Cara Menghemat Listrik AC (Air Conditioner) dengan Mode Kipas Angin

Air Conditioner atau yang disingkat AC adalah alat pendingin udara yang digunakan manusia untuk menurunkan suhu udara ruangan yang panas.  Banyak daerah di Indonesia yang memiliki temperatur udara yang panas sehingga membutuhkan berbagai alat untuk menurunkan udara sehingga terasa nyaman pada tubuh manusia.  AC juga berfungsi sebagai alat sirkulasi udara dengan memasukkan udara dari luar dan membuang udara yang ada di dalam ruangan.

Konsumsi daya listrik AC saat ini memang masih terbilang cukup tinggi.  Dengan teknologi AC yang ada saat ini, AC 1/2 Pk belum bisa mendinginkan udara secara maksimal di dalam ruangan dengan daya listrik di bawah 260 watt.  Untuk ruangan yang besar tentu saja akan membutuhkan AC lebih dari 1/2 PK sehingga otomatis akan menyedot lebih banyak listrik untuk fungsi yang sama.

Jika anda ingin menghemat pengeluaran listrik anda dari sisi penggunaan AC maka anda perlu memanfaatkan kemampuan AC di luar kemampuan dasarnya untuk menurunkan suhu udara di dalam ruangan.  Biasanya AC yang ada saat ini bisa difungsikan sebagai kipas angin.  Dengan begitu anda tidak perlu menggunakan kipas angin biasa karena sudah ada AC yang dapat difungsikan sebagai kipas angin.  Jika suhu di alam sekitar cukup dingin, maka anda sebaiknya menyalakan AC dalam Mode Kipas Angin.  Dengan demikian maka AC anda tidak membutuhkan banyak listrik untuk mendinginkan ruangan yang ada.  Jika AC mampu menarik udara luar dalam mode kipas angin maka ventilasi udara tidak begitu dibutuhkan.  Akan tetapi jika ACnya hanya bisa memutar angin yang ada di dalam ruangan maka anda butuh membuka ventilasi udara secukupnya dengan ditambah penghalang nyamuk agar udara yang ada di dalam kamar bisa tetap dalam kondisi dan kualitas yang prima.

Begitulah kira-kira cara yang bisa praktekkan pada AC yang ada di rumah, mudah-mudahan dapat membantu anda menurunkan besarnya tagihan listrik anda.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Tips Cara Menghemat Listrik AC (Air Conditioner) dengan Mode Kipas Angin"

Poskan Komentar