Tips Cara Mengajak/Membawa Anak Belanja ke Supermarket/Minimarket/Pasar

Belanja memang mengasyikkan, tetapi berbeda jika ada anak kita yang masih kecil ikut berbelanja di pasar, hiper market, super market, mini market, dan sebagainya. Mengajak anak belanja bisa dihindari dengan berangkat sendiri dan menitipkannya kepada anggota keluarga lain atau pembantu rumah tangga / baby sitter. Ada banyak hal yang perlu disiapkan dan diperhatikan ketika hendak berbelanja dengan anak kita.

1. Tahap Persiapan

Persiapkan berbagai perlengkapan kebutuhan anak di luar rumah seperti popok, botol susu, susu bayi, baju salin, stroller, dan lain sebagainya. Jangan lupa dengan barang-barang yang akan dibeli dengan membuat daftar belanjaan. Sebaiknya ajak seseorang yang telah dewasa dan bisa dipercaya untuk menemani kita berbelanja agar ada yang mengawasi di saat kita lengah secara bergantian.

2. Melakukan Pembicaraan Dengan Anak

Ajak anak jika sedang dalam kondisi sehat dan bugar serta tidak rewel atau mengantuk. Buat kesepakatan atau perjanjian dengan anak kita untuk tidak meminta barang yang tidak ada dalam daftar belanjaan dan akan membantu proses belanja dengan baik. Sebagai kompensasi dalam daftar belanjaan ditambah sesuatu yang disukai oleh anak kita. Pilih lokasi belanja yang dekat dengan rumah untuk menghemat waktu dan tidak membuat anak cepat lelah di perjalanan.

3. Saat Belanja

Ketika belanja gunakan keranjang belanja dorong dan naikkan anak ke atasnya untuk mempermudah pengawasan. Segera beli apa yang dibutuhkan tanpa banyak memilih dan melihat-lihat serta mendengarkan penjelasan / promosi dari sales promotion girl (spg). Jangan terlalu lama mengalihkan perhatian dari anak kita tanpa pengawasan orang lain agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Mintalah bantuan saat belanja pada anak kita sesuai dengan umur dan kemampuannya agar anak merasa dihargai dan dibutuhkan. Jika belanja ke pasar tradisional atau tempat yang tidak memakai troli, maka gandeng terus anak kita dan awasi terus saat berbelanja.

4. Memberi Peran Anak

Buatlah permainan dengan anak, yaitu permainan manajemen belanja barang sesuai dengan kemampuan anak kita. Beri tugas anak kita untuk belanja sesuai dengan yang ada di daftar belanjaan dan menghitung jumlah yang harus dibayar harus tidak melebihi anggaran belanja yang ditetapkan. Dari kembalian yang ada sisihkan sebagian untuk anak yang digunakan untuk membeli apa yang diinginkan anak (selama produk itu tidak memberi efek negatif). Biarkan anak kita mengambil dan memasukkan barang belanjaan serta mendorong kereta belanja ke mana-mana. Beri sanksi yang tegas namun mendidik jika anak melanggar ketentuan yang berlaku dan telah disepakati bersama antara anak dan orangtua.

Selamat berbelanja dengan anak anda!

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Tips Cara Mengajak/Membawa Anak Belanja ke Supermarket/Minimarket/Pasar"

Posting Komentar