Tips Cara Mengetahui Hoax / Berita Bohong Posting Medsos WA, FB, BBM, dll

Jika kita sering menggunakan media sosial online seperti whatsapp, blackberry messenger, facebook, line, kakao, google hangout, yahoo messenger, twitter, dan lain sebagainya maka biasanya kita akan sering mendapatkan kiriman tulisan-tulisan yang bersifat informatif dari orang lain.  Dari banyak tulisan yang kita dapat, tentu sebagian daripadanya ada yang berisi informasi yang tidak benar sehingga dapat menyesatkan orang-orang yang membacanya.

Tulisan yang berisi berita bohong biasa kita kenal dengan sebutan hoax.  Hoax dari zaman sms pun juga sudah banyak beredar dalam masyarakat Indonesia.  Namun karena keterbatasan jumlah karakter pada sms, maka hoax pun tidak begitu gencar dari segi kualitas maupun kuantitas.  Jumlah karakter sms yang hanya 160 karakter dan mahalnya tarif sms menyebabkan seseorang akan berpikir berkali-kali jika ingin menyebarkan banyak sms hoax secara masal.

Akan tetapi di zaman yang tidak ada lagi batasan jumlah teks karakter pada suatu pesan, maka hoax pun seakan-akan merajalela di media-media sosial.  Dalam sehari mungkin kita bisa menerima banyak hoax yang dikirim dari teman-teman kita sendiri.  Mungkin karena ketidaktahuan dan ketidaksengajaan mereka sehingga mengirimkan berita bohong alias hoax kepada temannya sendiri.

Cara Mengetahui Berita Hoax atau Bukan Hoax

Untuk mengatasi berita bohong atau hoax adalah dengan melakukan pengecekan terhadap informasi yang kita terima dari orang lain.  Jangan terburu nafsu mempercayai setiap pesan informatif yang dikirimkan oleh orang-orang yang kita kenal sekali pun teman yang kita sangat percayai.  Cek dulu jika kita merasa ragu akan kebenaran berita tersebut.

Cara mencek kebenaran suatu kabar berita atau informasi yang kita dapat lewat media sosial (seperti wa, bbm, line, fb, kakao, wechat, twitter, dll) adalah dengan mencari informasinya di mesin pencari yang berkualitas.  Cukup copy paste satu paragraf atau beberapa kalimat dari berita yang meragukan di mesin pencari terpercaya maka kita pun dapat mencari apakah ada orang lain yang sudah melakukan pengecekan terhadap informasi sama yang terindikasi hoax.  Jika sudah ada maka kita bisa langsung tahu akan kebekaran kabar berita yang kita terima tersebut.  Namun kita pun harus berhati-hati dalam menerima hasil pengecekan kabar berita oleh orang lain yang tidak kita kenal.

Jika belum ada orang yang melakukan pengecekan atas informasi yang kita dapatkan, maka kita bisa mencari informasi yang berkaitan.  Ada banyak artikel yang ada di situs web / website di internet yang bisa kita akses yang mencari kebenaran atas informasi yang kita dapatkan.  Jika berhasil maka kita bisa memberitahukan kawan kita atau orang lain yang mengirim informasi hoax kepada kita agar si pengirim tersebut menginformasikan kembali kepada sumber pengirim informasi sebelumnya dan teman-temannya yang sudah dikirimkan tulisan hoax.  Selamat mencoba dan semoga berhasil, terima kasih.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Tips Cara Mengetahui Hoax / Berita Bohong Posting Medsos WA, FB, BBM, dll"

Posting Komentar