Volume Keras Suara yang Bisa Merusak Pendengaran Telinga Manusia

Tanpa disadari mungkin diri kita telah menzalimi diri kita sendiri dengan melakukan sesuatu hal berbahaya yang menurut kita tidak akan mengakibatkan efek buruk bagi kesehatan tubuh.  Salah satu contohnya adalah penzaliman terhadap telinga kita.  Telinga kita memiliki batas kemampuan dalam mendengarkan suara.  Suara-suara tertentu seperti suara yang terlalu keras bisa membahayakan kesehatan pendengaran manusia sehingga harus dihindari agar tidak menyebabkan hal-hal yang tidak diinginkan.

Menurut suatu penelitian di luar negeri didapatkan kesimpulan bahwa suara dengan volume yang besar bisa menyebabkan kerusakan pendengaran telinga manusia secara permanen.  Volume suara keras yang harus dihindari oleh manusia adalah suara dengan volume 110 desibel atau lebih.  Telinga rusak tentu saja sangat tidak kita inginkan terjadi pada diri kita sehingga harus kita hindari dari sekarang agar tidak menyesal di kemudian hari.

Berdasarkan penelitian tersebut dikemukakan bahwa salah satu kebiasaan manusia yang secara perlahan-lahan bisa menyebabkan kerusakan permanen pada indera pendengaran adalah menggunakan headphone atau headset untuk mendengarkan suara atau lagu dengan suara keras dalam waktu yang lama.  Suara keras headphone bisa mencapai 110 sampai 120 desibel dan bahkan mungkin saja bisa lebih dari itu.  Agar tidak merusak telinga, maka sangat disarankan untuk mengatur volume suara headphone maksimal hanya sampai 60% saja.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Volume Keras Suara yang Bisa Merusak Pendengaran Telinga Manusia"

Poskan Komentar